Selasa, 23/04/2024 13:19 WIB

Pusing Berkepanjangan? Waspada Tumor Otak

Radiasi dan paparan zat kimia bisa menjadi pemicu faktor risiko serangan tumor otak. 

Ilustrasi otak (foto: Google)

Jakarta - Apakah Anda sering merasa pusing berkepanjangan, kadang kambuh dan tak kunjung pulih atau penglihatan kabur dari waktu ke waktu? Terkadang juga masih ada ganjalan di bagian mata Anda ? Hati-hati hal ini menjadi pertanda ada tumor di bagian otak Anda.

“Kalau pusing jangan diremehkan. Memang ini contoh subjektif, kurang tidur misalnya bisa pusing. Namun, jika ada yang mendorong di pagi hari, periksa di dokter, bisa saja ada tumor di otak, ”ujar spesialis bedah saraf dari Pusat Otak dan Tulang Belakang Komprehensif Surabaya, dr. Agus C. Anab, SpBS dikutip dari laman berita Antara.

Agus juga mengatakan sebagian besar penderita tumor otak memperbaiki masalah penglihatan dan tidak memahami keberadaan tumor dalam otak. Seringkali diketahui oleh dokter saat sudah terlambat.

“Penglihatan kabur, kacamata dipikir kelainan atau gangguan saraf. Banyak yang datang dalam kondisi terlambat, sudah terjadi gangguan mata tidak bisa melihat. Saraf punya keterbatasan, kompilasi sudah tertekan lama (karena tumor misalnya) sulit kembali normal, ”jelas Agus.

Salah satu pembunuhan diam-diam di dunia kesehatan adalah tumor otak. Alangkah baiknya memeriksakan ke dokter setelah mendapati gejala penglihatan kabur, mendorong, mual, melemparkan, kejang sampai kehilangannya anggota gerak. Penyebab sebagian besar faktor risiko yang menyebabkan tumor otak.

Faktor risiko ini antara lain pewaris (diwariskan dari orang tua), virus onkogen, radiasi misalnya dari smartphone, zat kimiawi termasuk penyedap rasa, pil KB dan rokok.

“Angka kejadiannya 25 ribu per tahun di Indonesia. Sebagian besar pasien datang pada saat lanjut, sudah terlambat. Untuk itu perlu periksa atau deteksi dini, ”tutur Agus.

KEYWORD :

Tumor Otak Pusing Berkepanjangan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :