Kamis, 18/04/2024 19:36 WIB

AS Undang Pejabat Korut ke Gedung Putih

Kabar tersebut disampaikan oleh media Korea Selatan Chosun Ilbo, yang menyebutkan bahwa kedua belah pihak sedang menyempurnakan rincian pertemuan.

Ilustrasi dialog Amerika Serikat (R) dan Korea Utara (Foto: Yonhap)

Seoul – Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo dikabarkan akan mengadakan pembicaraan tingkat tinggi dengan pejabat senior Korea Utara, Kim Yong Chol pada Kamis atau Jumat besok di Gedung Putih, Washington.

Kabar tersebut disampaikan oleh media Korea Selatan Chosun Ilbo, yang menyebutkan bahwa kedua belah pihak sedang menyempurnakan rincian pertemuan.

Namun hingga hari ini Departemen Luar Negeri AS nampaknya belum bersedia mengungkap pertemuan itu kepada publik.

“Kami tidak memiliki pertemuan yang akan diumumkan,” demikian keterangan seorang pejabat Deplu AS. Gedung Putih juga tidak berkomentar.

AS sedang mempertimbangkan pelonggaran sebagian sanksi Korea Utara, dengan imbalan negara itu membuang, atau mengirim Peluru Kendali Balistik Antarbenua (ICBM) ke luar negeri, di samping opsi pembekuan nuklir.

"Jika Korea Utara menerima, itu adalah skenario yang bisa diwujudkan," kata sumber itu dilansir dari Reuters.

Bulan ini, Trump juga mengatakan bahwa ia telah menerima surat dari pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, dan mungkin akan bertemu lagi, sebagai bagian dari upaya untuk membujuk Kim agar melepaskan senjata nuklir.

KEYWORD :

Korea Utara Amerika Serikat




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :