Jum'at, 26/04/2024 02:29 WIB

Pompeo: Pembunuh Khashoggi Harus Diproses

Sekretaris negara itu mengatakan kepada wartawan bahwa dia juga mengangkat sejumlah masalah hak asasi manusia dengan raja dan MBS.

Menteri Negara Luar Negeri Arab Saudi, Adel al-Jubeir di Riyadh saat menerima Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Mike Pompeo. (Foto: Reuters)

Riyadh - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Mike Pompeo mengatakan kepada raja dan putra mahkota Arab Saudi, setiap orang yang bertanggung jawab atas pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi perlu dimintai pertanggungjawaban.

"Raja Salman dan Putra Mahkota Mohammed bin Salman, juga dikenal sebagai MBS, keduanya mengakui bahwa pertanggungjawaban ini perlu dilakukan," kata Pompeo di Riyadh setelah melakukan pertemuan dengan dua punggawa Saudi itu.

"Mereka menegaskan kembali komitmen mereka untuk mencapai tujuan, harapan yang kami tetapkan untuk mereka," tambahnya.

Sekretaris negara itu mengatakan kepada wartawan bahwa dia juga mengangkat sejumlah masalah hak asasi manusia dengan raja dan MBS, termasuk aktivis hak-hak perempuan yang ditahan selama berbulan-bulan dan beberapa orang diduga disiksa.

Khashoggi, orang dalam kerajaan lama yang telah menjadi kritikus Pangeran Mohammed, terbunuh pada bulan Oktober di konsulat Istanbul, memicu protes global, termasuk sanksi keuangan pada 17 orang dan resolusi Senat AS menyalahkan MBS.

Presiden AS, Donald Trump dan Pompeo, sejauh ini, enggan untuk secara langsung melibatkan kerajaan atau mengeluarkan tindakan hukuman.

Setidaknya 21 orang Saudi telah ditangkap dalam kasus ini, dengan lima orang menghadapi hukuman mati. Lima pejabat juga dipecat, termasuk seorang penasihat kerajaan senior.

Hingar-bingar pembunuhan Khashoggi telah membuat tegang hubungan dengan sekutu Barat dan memfokuskan perhatian pada tindakan keras domestik Arab Saudi pada perbedaan pendapat dan perang yang hampir empat tahun di Yaman.

Selama pertemuan yang berlangsung sekitar 80 menit, Pompeo mengatakan telah berbicara dengan para pemimpin Saudi tentang aktivis hak-hak perempuan yang ditangkap musim panas lalu dan dituduh melakukan pengkhianatan.

"Komitmen mereka adalah bahwa proses peradilan yang sah akan berlangsung dan mereka akan melakukannya dengan cepat, dan bahwa mereka akan melanjutkan jalan itu," katanya kepada wartawan.

KEYWORD :

Jamal Khashoggi Arab Saudi Amerika Serikat




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :