Jum'at, 22/03/2019 13:13 WIB

Akhirnya, Kanada Beri Suaka untuk Al-Qunun

Rahaf Mohammed al-Qunun sudah berada dalam perjalanan ke Toronto pada Jumat (11/1) malam, ketika PM Trudeau memberikan pengumuman mendadak tersebut.

Rahaf Mohammed al-Qunun (Foto: NOWTHEENDBEGINS)

Montreal – Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau mengumumkan telah memberi suaka kepada remaja Arab Saudi berusia 18 tahun, yang melarikan diri ke Thailand untuk mendapatkan suaka dari Australia.

Dilansir dari AFP, Rahaf Mohammed al-Qunun sudah berada dalam perjalanan ke Toronto pada Jumat (11/1) malam, ketika PM Trudeau memberikan pengumuman mendadak tersebut.

“Kanada sangat yakin bahwa kami akan membela hak asasi manusia dan hak-hak perempuan di seluruh dunia,” ujar Trudeau.

“Ketika PBB meminta kami memberikan suaka kepada al-Qunun, kami menerima,” imbuhnya.

Awalnya Qunun melarikan dari Saudi dengan harapan memperoleh suaka dari Australia. Namun setibanya di Bangkok, pemerintah Thailand mengancam akan memulangkannya ke Kuwait.

Namun berbekal ponsel dan akun Twitter, Qunun menggagalkan rencana pemulangannya, dan direspon oleh lembaga pengungsi PBB UNHCR.

“Nasib al-Qunun telah menarik perhatian dunia selama beberapa hari terakhir, memberikan gambaran sekilas tentang situasi berbahaya jutaan pengungsi di seluruh dunia,” kata Komisaris Tinggi PBB untuk Pengungsi Filippo Grandi.

Dalam keterangannya, Qunun mengaku telah dilecehkan oleh keluarganya. Kelompok hak asasi manusia mengatakan perlakuan itu didapat setelah perempuan tersebut meninggalkan Islam.

TAGS : Rahaf Mohammed Al-Qunun Remaja Saudi




TERPOPULER :