Rabu, 19/06/2019 18:52 WIB

Israel Opersikan Jalan Apartheid

Keluarga Rifea memiliki ratusan dunam (puluhan hektar) tanah di Anata, tetapi hampir semuanya telah dirampok Israel untuk pembangunan jalan dan pemukiman ilegal Yahudi.

Jalan baru ini diyakini terkait dengan rencana pemukiman Israel di daerah E-1 yang sangat diperebutkan (Foto: Megan Giovannetti/Al Jazeera)

Anata - Jalan raya yang baru dibuka di Tepi Barat yang diduduki telah dielu-elukan pemerinta Israel tetapi dikecam warga Palestina, yang mereka sebut "Jalan Apartheid".

Ini merupakan yang pertama dioperasional  dari jalan lingkar timur di sekitar Yerusalem yang dapat menolak akses warga Palestina ke bagian Tepi Barat dan mengancam negara Palestina di masa depan.

Jurnas.com melansir dari Al Jazeera, rute 4370 memiliki tembok tinggi di tengah, di atasnya dipagari yang memisahkan jalan menjadi dua jalur dua arah yang terpisah.

Sisi barat diperuntukkan bagi warga Palestina di Tepi Barat untuk berkeliling Yerusalem, yang tidak dapat mereka masuki tanpa izin militer yang dikeluarkan Israel, sementara sisi timur melayani pemukim Israel yang pergi ke dan dari Yerusalem.

Warga Palestina dari desa Anata, yang terletak di pinggiran Yerusalem tetapi dipisahkan dari kota oleh tembok pembatas Israel, mengatakan sebagian jalan raya dibangun di atas tanah Anata.

"Siapa pun dapat melihat rencana Israel. Beberapa bulan lalu mereka ingin mengambil Khan al-Ahmar," kata warga Ahmed Rifea.

Khan al-Ahmar adalah desa Badui yang mendapat perhatian internasional setelah pemerintah Israel mengeluarkan perintah penghancuran terhadapnya. "Sekarang mereka membangun jalan baru ini? Mereka ingin mengambil tanah itu," kata Rifea.

Awalnya mencakup 35.000 kilometer persegi tanah, Anata  menyusut menjadi sedikit lebih dari 1.000 km persegi karena lebih dari 90 persennya terletak di Area C seperti yang disepakati  Kesepakatan Oslo, menempatkannya di bawah kontrol sipil dan keamanan total Israel.

Keluarga Rifea memiliki ratusan dunam (puluhan hektar) tanah di Anata, tetapi hampir semuanya telah dirampok Israel untuk pembangunan jalan dan pemukiman ilegal Yahudi.

TAGS : Israel Teroris Israel Teroris Tepi Barat Jalan Apartheid




TERPOPULER :