Jum'at, 26/04/2024 05:25 WIB

Fitur Keselamatan Xpander Bikin Berkendara Makin Aman

Boediarto mengatakan, secara umum Mitsubishi Motors dilengkapi dua fitur keselamatan, yakni aktif dan pasif.

Mitsubishi Xpander (Foto: Istimewa)

Jakarta – Keselamatan (safety) menjadi komitmen Mitsubishi Motors bagi para konsumennya. Sebab selain nyaman dan tampilan menarik, fitur keselamatan juga menjadi incaran utama pengendara.

Head of Technical Service & CS Support Departement PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Boediarto mengatakan, secara umum Mitsubishi Motors dilengkapi dua fitur keselamatan, yakni aktif dan pasif.

Keduanya fitur tersebut berfungsi untuk mengantisipasi potensi kecelakaan, atau meminimalisasi dampak fatal bila terjadi sebuah kecelakaan.

Dijelaskan, fitur aktif terdiri dari Antilock Braking System (ABS), Brake Assist (BA), Electronic Brake Force Distribution (EBD), Active Stability Control (ASC), dan Hill Start Assist (HAS). Seluruhnya bekerja sebelum atau mencegah terjadi kecelakaan.

Sementara fitur pasif meliputi Supplemental Restraint System (SRS) Airba, sabuk keselamatan dengan Pretension dan Force Limiter, serta Isofix atau pengait pada kursi baris kedua untuk mengunci bangku anak-anak. Fitur pasif bekerja saat mobil terkena benturan atau kecelakaan.

Adapun Active Stability Control bekerja untuk mencegah terjadinya over steer atau under steer saat manuver, termasuk struktur rangka bodi RISE (Reinforced Impact Safety Evolution) pada Mitsubishi Xpander. REIN merupakan kesatuan antara bodi dan sasi untuk meningkatkan kenyamanan berkendara.

Fitur ini, lanjut Beodiarto,  efektif menyerap energi tabrakan dari segela arah, baik depan, belakang, dan samping, guna meminimalisasi kerusakan, dan menjaga penumpang dalam kabin tetap aman.

“Dalam tabrakan hebat, fitur ini menjaga bentuk interior tetap utuh, sehingga kemungkinan selamat pada penumpang menjadi lebih besar,” terang Boediarto.

Selain dua fitur tersebut, Mitsubishi Xpander masih memiliki Pedestrian Protection yang dibuat sedemikian rupa agar lebih aman bagi pejalan kaki.

Fitur ini merupakan struktur peredam energi benturan di kap mesin, bumper, dan fender untuk meminimalisasi deformasi akibat benturan, serta cedera bagi pejalan kaki.

Pedestrian Protection mampu menekan dampak kecelakaan terhadap pejalan kaki melalui built impact absorbing di material kap mesin dan bumper depan. Dalam kasus ketika terjadi tabrakan, cedera diminimalkan dengan bentuk depan yang akan membulat, dan terbuat dari bahan non-logam.

KEYWORD :

Mitsubishi Xpander Fitur Keselamatan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :