Kamis, 25/04/2024 14:27 WIB

Ini Harapan Lukita Tuwo Kepada Ketua Baru BP Batam Kedepannya

Meski sempat kecewa posisinya diganti orang lain, Lukita Tuwo mantan Kepala BP Batam ini tetap berharap BP Batam jadi lebih baik ke depannya.

Destinasi Batam yang menjadi wisatawan dan juga pelaku pengusaha. (Foto : Jurnas/Doknet)

Jakarta- Lukita Dinarsyah Tuwo sebagai mantan Kepala BP Batam sangat  berharap,  penggantinya bisa meneruskan program yang sedang berjalan di BP Batam. Ia mengatakan, terutama  program-program yang menggunakan dana dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).
"Kan BP sudah dapat dana yang lumayan besar, kita harapkan bisa segera dilakukan sehingga bisa diserap anggarannya untuk mendukung infrastruktur di Batam. Seperti di pelabuhan, bandara, jalan-jalan, akses ke kawasan industri dan kawasan baru," kata Lukita usai acara perpisahan di ruang Balairungsari, Gedung Utama BP Batam, baru-baru ini.

Ia juga berharap program terkait infrastruktur, dengan model Kerjasama Pemerintah Badan Usaha (KPBU), untuk pengembangan Bandara Hang Nadim, begitu juga dengan tender pengelolaan Dam Tembesi terus dilanjutkan. Kelangsungan BP Batam nantinya akan dikelola dan dipimpin seorang yang profesional yang tidak ditarik-tarik dalam urusan politik.

“Harapan saya dan kawan-kawan, tentu dipimpin oleh seorang profesional. Dan menhilangkan konflik-konflik, tak ikut politik setiap lima tahun sekali berganti kepemimpinan. Tentu itu tidak mudah bagi BP Batam,” tukasnya.

Sementara itu soal FTZ Batam, Lukita menilai ada beberapa hal yang mestinya dilakukan. Pertama, BP Batam idealnya dijalankan orang-orang yang profesional dan FTZ murni harus dipertahankan.

"Kewenangan-kewenangan terkait FTZ berada di tangan si pengelola FTZ. Dengan begitu sangat memudahkan dan menarik investor lebih banyak lagi datang ke Batam. Di Batam, banyak PMA (penanaman modal asing) dan orientasinya ekspor. Berikanlah perizinan atau apapun terkait best practice FTZ di dunia, supaya bisa dilakukan di sini," jelas Lukita.

“Kami titip teman-teman di BP untuk terus melayani lebih baik. Menuntaskan hal yang belum selesai dan mendukung pimpinan baru yang sudah dilantik kemarin," sambung Lukita.

KEYWORD :

Lukita Tuwo BP Batam




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :