Rabu, 26/06/2019 10:48 WIB

Manfaat Lain Morning Sick pada Ibu Hamil

Masalah yang tidak bisa dihindari dari kehamilan salah satunya adalah sering mual atau muntah.

Ilustrasi mual ibu hamil

Jakarta - Ketika kehamilan tiba, maka tak heran jika pasangan akan merasa senang. Bahkan dengan hati-hati mereka akan menjaga agar kehamilan berjalan dengan baik dan sehat.

Masalah yang tidak bisa dihindari dari kehamilan salah satunya adalah sering mual atau muntah. Dalam bidang kedokteran biasanya disebut dengan morning sickness .

Pada minggu ini terjadi pada kehamilan kurang dari 12 minggu atau trimester I pada akhir trimester II, namun demikian demikian pula yang mengalaminya sampai 9 bulan kehamilan.

Sebenarnya apa penyebab dari morning sickness ini? Rasa mual yang sering dirasakan oleh para ibu hamil muda ini sebenarnya terjadi karena peningkatan hormon wanita hamil, terutama progesteron, estrogen, dan hCG yang akan mempengaruhi beberapa fungsi organ tubuh.

Sementara ada fakta yang membuktikan bahwa rasa ini akan dialami oleh 70 persen perempy hamil, sedangkan untuk kondisi mual yang dikeluarkan biasanya sekitar 50 persen wanita hamil. Kondisi tersebut tentu saja cukup untuk aktivitas wanita hamil sehari-hari.

Namun ternyata kehamilan dan kehamilan pertama trimester, itu bisa menjadi salah satu tanda bahwa kehamilan berjalan dengan baik dan baik. Sebuah studi terhadap 2.400 wanita hamil, mengungkapkan mual dan muntah yang terjadi pada trimester pertama dapat menurunkan risiko keguguran dini, lebih lanjut untuk wanita pertambahan 30 atau lebih tua dari itu.

Seperti yang dilansir dari laman Mayo Clinic, teori lain menunjukkan mual selama kehamilan memiliki manfaat lain yaitu, mengurangi janin dari paparan zat berbahaya dalam diet ibu hamil, mendorong ibu hamil membeli makanan-makanan yang mengandung nutrisi, seperti misalkan makanan yang kaya akan cadangan lemak, serta meminta agar ibu hamil dapat menyesuaikan tingkat aktivitasnya yang mampu mendukung pertumbuhan jaringan ibu dan janin yang dikandung.

Untuk mengatasi penyakit pagi ini, ada beberapa cara sederhana dan alami yang bisa dilakukan oleh para ibu hamil, coba lakukan beberapa aktivitas sederhana dan juga dengan mengonsumsi berbagai jenis makanan pencegah mual saat hamil

TAGS : Morning Sickness Ibu Hamil




TERPOPULER :