Kamis, 17/01/2019 18:51 WIB

57 Juta Anak Pakistan Divaksinasi Polio

Uni Emirat Arab telah membantu memvaksinasi lebih dari 57 juta anak-anak Pakistan terhadap polio dalam empat tahun hingga 2018.

Vaksinasi kepada anak-anak (foto: The Nation)

Jakarta - Uni Emirat Arab telah membantu memvaksinasi lebih dari 57 juta anak-anak Pakistan terhadap polio dalam empat tahun hingga 2018. Program Bantuan UEA-Pakistan bertujuan untuk mendukung upaya pemberantasan penyakit di seluruh dunia.

Diluncurkan di bawah arahan Presiden Sheikh Khalifa dan Sheikh Mohamed bin Zayed Al Nahyan, Putra Mahkota Abu Dhabi dan Wakil Panglima Tertinggi Angkatan Bersenjata UEA.

Antara 2014 dan 2017, kampanye ini memberikan 254,4 juta dosis vaksin kepada 43 juta anak-anak di Pakistan. Program baru-baru ini diperluas untuk mencakup 83 area lebih lanjut di empat provinsi Pakistan, membantu menjangkau 13 juta anak tambahan dalam 12 bulan berikutnya.

Dilansir The Nation, lebih dari 96.000 pekerja, termasuk staf medis, manajemen dan tim keamanan, terlibat dalam mengelola kampanye. Jutaan anak telah diselamatkan dari kematian dan cacat yang melumpuhkan berkat upaya global untuk memberantas polio dalam 30 tahun terakhir.

Meskipun keberhasilan inisiatif kesehatan, penyakit ini tetap menjadi bahaya mematikan di Pakistan, serta di Afghanistan dan Nigeria, satu-satunya tiga negara di planet ini masih bebas polio.

Kampanye global untuk memberantas polio diluncurkan pada tahun 1988, dengan dukungan internasional. UEA dinyatakan bebas polio pada tahun 1992.

Penyakit ini mudah dicegah dengan vaksin sederhana yang pertama kali dikembangkan pada tahun 1955 dan telah hampir seluruhnya diberantas di Barat selama lebih dari setengah abad. Australia dinyatakan bebas polio pada tahun 1972 dan Inggris pada tahun 1982.

Perjuangan UEA melawan polio juga mencakup kolaborasi dengan dermawan dan tokoh bisnis, Bill Gates. Pada bulan Oktober terungkap bahwa Abu Dhabi suatu hari nanti akan menjadi rumah bagi lembaga penelitian global yang didirikan untuk mengatasi polio dan penyakit menular lainnya dan didukung oleh Bill Gates.

UEA telah menjadi mitra misi yayasan untuk memberantas polio di seluruh dunia sejak 2011, ketika Sheikh Mohamed bin Zayed, Putra Mahkota Abu Dhabi dan Wakil Panglima Tertinggi Angkatan Bersenjata UEA, mulai bekerja dengan Bill dan Melinda Gates dalam masalah ini.

TAGS : Vaksinasi Polio Anak Pakistan




TERPOPULER :