Sabtu, 20/04/2024 23:18 WIB

Trump Sebut China Melunak Gegara Kesulitan Ekonomi

Presiden Amerika Serikat Donald Trump menyebut pembicaraan perdagangan dengan China berjalan baik. Dia juga menggarisbawahi, kelemahan dalam ekonomi merupakan alasan Beijing melakukan kesepakatan.

Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump bertemua Presiden China, Xi Jinping di Buenos Aires, Argentina pada Sabtu 1 Desember 2018. (Foto: Li Xueren/Xinhua))

Washington - Presiden Amerika Serikat Donald Trump menyebut pembicaraan perdagangan dengan China berjalan baik. Dia juga menggarisbawahi, kelemahan dalam ekonomi merupakan alasan Beijing melakukan kesepakatan.

Dikutip dari Reuters, pada Minggu (6/1), para pejabat AS terbang Beijing minggu ini untuk pembicaraan tatap muka pertama, sejak Trump dan Presiden China Xi Jinping menyetujui gencatan senjata 90 hari dalam perang dagang pada Desember lalu.

Trump memberlakukan tarif impor pada ratusan miliar dolar barang-barang China untuk menekan Beijing, mengubah praktiknya pada masalah mulai dari subsidi industri hingga peretasan. China membalas dengan tarifnya sendiri.

“Saya pikir China ingin menyelesaikannya. Ekonomi mereka tidak baik, "kata Trump kepada awak media di Gedung Putih sebelum naik helikopter presiden Marine One.

“Saya pikir itu memberi mereka insentif besar untuk bernegosiasi,” lanjutnya.

Beijing pada Jumat lalu memangkas persyaratan cadangan bank, di tengah melambatnya pertumbuhan di dalam negeri dan tekanan dari tarif AS. Ditanya apa yang dia harapkan dari pembicaraan minggu ini di Beijing, Trump menjawab dengan nada positif.

“Pembicaraan China berjalan sangat baik,” katanya.

“Aku benar-benar yakin mereka ingin membuat kesepakatan,” tandas politis Partai Republik tersebut.

KEYWORD :

China Amerika Serikat Perang Dagang




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :