Sabtu, 20/04/2024 05:53 WIB

Iran-Rusia Gelar Latihan Perang Bersama

Dalam latihan ini termasuk strategi penyelamatan dan anti pembejakan menurut komandan angkatan laut Iran, pada Minggu (6/1).

Presiden Iran Hassan Rouhani (R) dan rekannya, Presiden Rusia, Vladimir Putin (Foto: Irna)

Dubai – Iran dan Rusia sedang bersiap mengadakan latihan perang bersama di Laut Kaspia. Dalam latihan ini termasuk strategi penyelamatan dan anti pembejakan menurut komandan angkatan laut Iran, pada Minggu (6/1).

“Permainan perang taktis, penyelamatan dan anti-pembajakan antara pasukan angkatan laut Iran dan Rusia sedang direncanakan dan akan diimplementasikan dalam waktu dekat,” kata kantor berita Mehr mengutip Laksamana Muda Hossein Khanzadi.

Iran dan Rusia telah mengadakan beberapa latihan angkatan laut bersama di Laut Kaspia sebelumnya, termasuk pada 2015 dan 2017 lalu.

Iran dan Rusia juga memiliki hubungan dekat, termasuk di Suriah di mana kedua negara sama-sama mendukung Presiden Bashar al-Assad dalam perang saudara di negara itu.

Khanzadi menegaskan kembali oposisi Iran terhadap kehadiran militer negara mana pun dari luar kawasan di Laut Kaspia. Dia mengatakan, “semua negara di sekitar Kaspia memiliki pendekatan yang sama.”

Tahun lalu, Rusia berkomitmen kuat untuk memperdalam hubungan dengan Iran, kendati ada ancaman Amerika Serikat (AS) keluar dari kesepakatan nuklir internasional, dan menerapkan kembali sanksi terhadap Teheran.

KEYWORD :

Iran Rusia Latihan Perang




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :