Sabtu, 20/04/2024 18:39 WIB

Jokowi: Surat Suara Belum Dicetak, Sudah Muncul Fitnah

Presiden Jokowi menyayangkan adanya informasi hoax terkait tujuh kontainer surat suara yang sudah dicoblos masuk lewat pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Ilustrasi Pemilu 2019

Jakarta - Presiden Jokowi menyayangkan adanya informasi hoax terkait tujuh kontainer surat suara yang sudah dicoblos masuk lewat pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Jokowi mengatakan, hingga saat ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) sendiri belum mencetak surat suara Pemilu 2019.

"Ini kan hoax. Kartu itu kan belum dicetak, sudah muncul fitnah-fitnah seperti itu," kata Jokowi, seperti dilansir Antara usai acara penyerahan sertifikat tanah kepada warga Blitar di Pendopo Kabupaten Blitar, Jawa Timur, Kamis (3/1).

Menurutnya, dengan beredarnya informasi hoax tersebut bisa menimbulkan pikiran-pikiran negatif terkait kecurangan Pemilu serentak 2019.

Sebelumnya, beredar kabar viral berupa arsip digital rekaman perihal ada surat suara yang sudah tercoblos pada 2 Januari 2018. Menanggapi hal tersebut, anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) pun segera melakukan klarifikasi ke pelabuhan Tanjung Priok.

"Kami memastikan berdasarkan keterangan pihak bea cukai, tidak ada berita tentang tujuh kontainer tersebut. Itu tidak benar," ucap Ketua KPU Arief Budiman, Rabu (2/1) tengah malam.

Arief mengatakan, pihaknya telah mendengar kabar tersebut sejak sore hari. Kabar itu tersebar ke media sosial dalam bentuk rekaman suara.

Sementara itu, anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI Muhammad Afifuddin yang juga ikut dalam pengecekan mengatakan bahwa pihaknya akan memastikan kebenaran setiap kabar yang beredar terkait penyelenggaraan pemilu, termasuk info yang beredar hari ini.

"KPU dan Bawaslu ingin memastikan, mengkonfirmasi segala jenis informasi. Salah satunya informasi yang tidak benar yang mengganggu penyelenggaraan pemilu," kata Afif. "Setelah kita cek dari yang punya otoritas tidak benar."

Komisioner KPU RI, Hasyim Asy`ari menerangkan pihaknya selaku penyelenggara pemilu belum mencetak surat suara untuk Pemilu 2019.

"Proses pencetakan surat suara itu masih dalam proses lelang. Belum sampai naik cetak," kata Hasyim menanggapi pertanyaan awak media di kantornya.

KEYWORD :

Pilpres 2019 Surat Suara Presiden Jokowi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :