Sabtu, 20/04/2024 15:23 WIB

Plt Dubes Korut Hilang Tanpa Jejak

Jo Song Gil, dikabarkan menghilang tanpa jejak pada Kamis (3/1) sore, kurang dari delapan jam sejak diberitakan telah mengajukan suaka di Barat.

Pemimpin Korea Utara (Korut), Kim Jong Un (Foto: Reuters)

Seoul – Pelaksana tugas (Plt) Duta Besar Korea Utara (Korut) untuk Italia, Jo Song Gil, dikabarkan menghilang tanpa jejak pada Kamis (3/1) sore, kurang dari delapan jam sejak diberitakan telah mengajukan suaka di Barat.

Jo konon meninggalkan kedutaan bersama istrinya tanpa pemberitahuan pada awal November lalu. Pernyataan ini disampaikan oleh anggota parlemen Korea Selatan, Kim Min-ki, usai diberi pengarahan oleh National Intelligence Service.

Sebelumnya, harian Korea JoongAng Ilbo mengabarkan bahwa Jo telah mengajukan permohonan suaka ke Italia. Seorang sumber diplomatik senior di Roma mengatakan, dia sudah berada di tempat yang aman, dan di bawah perlindungan pemerintah.

Sumber diplomatik lainnya membantah kabar tersebut, dan menyatakan bahwa Jo tidak memiliki catatan telah mengajukan suaka di Italia. Dia menambahkan, Jo kemungkinan ditarik ke Pyongyang pada akhir 2018.

“Itu prosedur yang sangat normal,” ujar Kim dikutip dari Reuters.

“Mereka (Jo dan keluarga) meninggalkan misi diplomatik lalu menghilang,” lanjutnya.

Jika kabar Jo melarikan diri benar adanya, maka dia akan bergabung dengan sejumlah diplomat senior Korut, yang membelot akibat penindasan rezim Kim Jong Un.

Salah satunya Thae Yong Ho, wakil duta besar Korut untuk Inggris, membelot bersama keluarganya ke Korea Selatan pada Agustus 2016, dan menjadi diplomat peringkat tertinggi yang melakukannya.

KEYWORD :

Dubes Korut Korea Utara Permohonan Suaka




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :