Sabtu, 20/04/2024 16:29 WIB

China Jadi Pertama Mendarat di Sisi Gelap Bulan

Sebuah pesawat ruang angkasa Tiongkok menjadi yang pertama mendarat di sisi gelap bulan

Gerhana Bulan (foto: Google)

Jakarta - Sebuah pesawat ruang angkasa Tiongkok menjadi yang pertama mendarat di sisi gelap bulan. Chang`e-4, sebuah penyelidikan bulan, melakukan pendaratan lunak pada pukul 2.26 pagi GMT dan melakukan kontak jarak dekat pertama dari sisi jauh dari satelit Bumi.

Televisi pemerintah China menyambut bersejarah itu sebagai langkah penting untuk program luar angkasanya.

Dilansir Inews, prestasi itu merupakan langkah China untuk mengejar ketertinggalan dari Amerika Serikat dan Rusia saat ekonomi dan teknologinya semakin maju.

Bulan terkunci secara tidal ke Bumi, berputar pada kecepatan yang sama dengan yang mengorbit planet, sehingga sisi yang jauh atau sisi gelap tidak pernah terlihat dari Bumi. Pesawat ruang angkasa sebelumnya telah melihat sisi jauh bulan tetapi tidak ada yang mendarat di atasnya.

Menurut Badan Antariksa Nasional China bahwa penyelidikan, yang meliputi pendarat dan penjelajah, mendarat di area pendaratan yang dipilih setelah memasuki orbit bulan pada pertengahan Desember.

Tugas Chang`e-4 meliputi pengamatan astronomi, survei medan bulan, bentuk lahan dan komposisi mineral, serta mengukur radiasi neutron dan atom netral untuk mempelajari lingkungan di sisi jauh bulan.

KEYWORD :

Pesawat China Sisi Gelap Bulan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :