Kamis, 25/04/2024 07:59 WIB

Plt Dubes Korut Ajukan Suaka ke Italia

Jo Song Gil dikabarkan telah mengajukan permohonan suaka ke Italia, menurut laporan media Korea Selatan pada Kamis (3/1).

Bendera Korea Utara (Foto: AFP)

Seoul – Pelaksana tugas (Plt) Duta Besar Korea Utara untuk Italia Jo Song Gil, dikabarkan telah mengajukan permohonan suaka ke Italia, menurut laporan media Korea Selatan pada Kamis (3/1).

Langkah tersebut, dikutip dari AFP, disinyalir sebagai upaya pembelotan lainnya oleh pejabat Pyongyang, menyusul diplomat senior Korut Thae Yong Ho, setelah menjabat sebagai wakil duta besar di London pada 2016.

“Dia mencari suaka awal bulan lalu,” kata media Korea JoongAng Ilbo mengutip salah seorang sumber yang enggan disebutkan namanya.

Pihak berwenang Italia kabarnya “menderita” terkait apa yang harus dilakukan, namun mereka berkomitmen akan melindungi Jo di tempat yang aman.

Diketahui, Jo (48) merupakan penjabat Duta Besar Korut untuk Italia di Roma sejak Oktober 2017, setelah dubes sebelumnya Mun Jong Nam diusir karena Korut bersikukuh melakukan uji coba nuklir.

Jo dikenal mendapat perlakuan spesial dari rezim Kim Jong Un, karena merupakan putra atau menantu dari salah satu pejabat tingkat tertinggi di Korut.

Buktinya, saat bertugas di Roma, Jo diberi izin mengajak anak-anak dan istrinya, sementara peraturan sebelumnya mengharuskan dubes meninggalkan anggota keluarga di Pyongyang, guna mencegah pembelotan.

KEYWORD :

Dubes Korut Korea Utara Permohonan Suaka




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :