Jum'at, 19/04/2024 21:31 WIB

Peristiwa Sejarah 02 Januari

Tanggal 02 Januari yang jatuh pada hari ke-2 dalam Kalender Gregorian dengan 363 hari (atau 364 dalam tahun kabisat) menjelang akhir tahun menyimpan banyak peristiwa sejarah.

51 orang meninggal ketika sebuah bus jatuh 330 kaki dari tebing di pantai di Peru pada 02 Januari 2018

Jakarta - Tanggal 02 Januari yang jatuh pada hari ke-2 dalam Kalender Gregorian dengan 363 hari (atau 364 dalam tahun kabisat) menjelang akhir tahun menyimpan banyak peristiwa sejarah. Salah satunya, Uni Soviet meluncurkan Luna 1, pesawat ruang angkasa tanpa awak pertama yang melakukan perjalanan ke bulan pada 1959 silam.

Berikut peristiwa sejarah 02 Januari dilansir UPI

1492 - Reconquista: Granada, pertahanan terakhir bangsa Moor di Spanyol, menyerah.

1777 - Perang Kemerdekaan Amerika Serikat: Pasukan Amerika Serikat di bawah komando George Washington memukul mundur serangan pasukan Inggris dalam Pertempuran Assunpink Creek dekat Trenton, New Jersey.

1811 - Timothy Pickering, seorang Federalis dari Massachusetts, menjadi senator AS pertama yang disensor setelah dituduh secara terbuka mengungkapkan dokumen presidensial rahasia.

1863 - Perang Sipil Amerika Serikat: Pertempuran Stones River (atau disebut juga Pertempuran Murfreesboro) berlanjut kembali di Tennessee tengah setelah 1 hari gencatan senjata, berakhir dengan kemenangan pasukan Union yang signifikan.

1870 - Pembangunan Jembatan Brooklynddi New York City, Amerika Serikat dimulai.

1905 - Perang Rusia - Jepang: Pasukan Kekaisaran Rusia menyerah kepada pasukan Kekaisaran Jepang di Port Arthur, Tiongkok.

1920 - Serangan Palmer kedua dipimpin Jaksa Agung Amerika Serikat, Alexander Mitchell Palmer, menangkap lebih dari 6,000 orang yang disangka komunis dan anarkis tanpa proses pengadilan di 12 kota besar di Amerika Serikat.

1929 - Kanada dan Amerika Serikat menyepakati rencana preservasi Air Terjun Niagara.

1935 - Bruno Hauptmann, "Orang yang Paling Dibenci di Dunia," diadili karena penculikan dan pembunuhan Charles Lindbergh, Jr. , putra tertua dari penerbang terkenal, Charles Lindbergh.

1942 - Federal Bureau of Investigation (FBI) menahan 33 orang anggota jaringan mata-mata Jerman dipimpin oleh Fritz Joubert Duquesne dalam kasus spionase terbesar dalam sejarah Amerika Serikat — Duquesne Spy Ring.

1942 - Pasukan Jepang menduduki Manila , memaksa pasukan AS dan Filipina di bawah Angkatan Darat AS Jenderal Douglas MacArthur untuk mundur ke Semenanjung Bataan.

1945 - Perang Dunia II: Nuremberg, Jerman (dalam bahasa Jerman disebut Nürnberg) dibombardir besar-besaran oleh pasukan Sekutu.

1959 - Uni Soviet meluncurkan Luna 1, pesawat ruang angkasa tanpa awak pertama yang melakukan perjalanan ke bulan.

1963 - Perang Vietnam: Pasukan gerilya Viet Cong meraih kemenangan besar pertamanya dalam Pertempuran Ap Bac.

1967 - Dr. Christiaan Barnard melakukan transplantasi jantung kedua yang berhasil.

1967 - Ronald Reagan dilantik sebagai gubernur California ke-33.

1974 - Presiden AS Richard Nixon menandatangani undang - undang yang mewajibkan negara bagian untuk membatasi kecepatan jalan raya hingga 55 mph atau kehilangan dana jalan raya federal.

1981 - Polisi di Inggris menangkap apa yang disebut "Yorkshire Ripper," setelah lima tahun dalam pelarian. Peter Sutcliffe dihukum karena membunuh 13 wanita dan berusaha membunuh tujuh wanita lagi.

1990 - Tersangka terorisme yang paling dicari di Inggris, Patrick Sheehy, ditemukan tewas di Republik Irlandia.

2006 - 12 orang tewas dalam ledakan gas metana di sebuah tambang batu bara di Upshur County, Virginia Barat. Seorang pria ditemukan hidup setelah 41 jam terjebak di bawah tanah.

2009 - Dalam putaran ketat setelah pemilihan umum yang lebih ketat, John Atta Mills terpilih sebagai presiden Ghana dengan 50,2 persen suara, naik tipis Nana Akufo-Addo.

2011 - Pangeran Harry, cucu Ratu Inggris Elizabeth II, dipulangkan dari dinas militer di Afghanistan setelah sebuah majalah mengungkapkan kehadirannya di zona perang. Dia kemudian kembali untuk melanjutkan pelatihan sebagai pilot tempur.

2013 - Sebuah pernyataan Kremlin mengatakan Presiden Vladimir Putin menaikkan usia pensiun Rusia menjadi 70 , memungkinkan negara untuk mempertahankan "pegawai negeri sipil yang sangat berkualitas dan berpengalaman sebagai pegawai tingkat atas dalam dinas sipil federal."

2014 - Lima puluh dua penumpang terdampar 10 hari di atas kapal Rusia yang berselimut es di Antartika dijemput dalam kelompok-kelompok kecil dengan helikopter Tiongkok dan diterbangkan ke tempat yang aman.

2018 - 51 orang meninggal ketika sebuah bus jatuh 330 kaki dari tebing di pantai di Peru.

KEYWORD :

Peristiwa Sejarah Bulan Januari




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :