Selasa, 23/04/2024 20:12 WIB

Migran Bandel Disemprot Gas Air Mata

Petugas perbatasan Amerika Serikat (AS)-Meksiko menembakkan gas air mata ke arah sekelompok migran

Migran dari Amerika Tengah berjalan kaki menuju AS (Foto: AFP)

Tijuana – Petugas perbatasan Amerika Serikat (AS)-Meksiko menembakkan gas air mata ke arah sekelompok migran "perusuh", yang berusaha menyeberang dari Tijuana, Meksiko.

Dilansir dari Reuters pada Rabu (2/1), awan gas tampak mengepul di pagar perbatasan, dan seorang migran mengambil tabung, lalu melemparkannya kembali ke wilayah AS.

Pejabat AS mengatakan kelompok tersebut telah menyerang agen dengan proyektil. Akan tetapi saksi Reuters tidak melihat adanya migran yang melempar batu ke arah petugas AS.

Seperti diketahui, Tijuana menjadi titik nyala dalam perdebatan tentang kebijakan imigrasi AS, yang menyebabkan kematian dua anak migran baru-baru ini dalam tahanan.

Sebagian kantor pemerintah AS juga ditutup atas permintaan Presiden Donald Trump, sebagai desakan pencairan dana sebesar US$5 miliar untuk pembangunan dinding di sepanjang perbatasan dengan Meksiko.

Senin malam, lebih dari 150 migran Amerika Tengah mendekati area perbatasan di Tijuana di lingkungan Playas dekat pantai. Para migran mengatakan mereka mengira langkah-langkah keamanan mungkin santai karena liburan Tahun Baru.

Setelah tengah malam, personel keamanan AS menembakkan gas air mata ke Meksiko, ketika beberapa migran bersiap untuk memanjat pagar perbatasan, menurut saksi Reuters. Selama upaya kedua, para migran mulai melewati pemuda dan anak-anak melewati kawat berduri sepanjang pagar ke sisi AS.

Juru bicara Departemen Keamanan Dalam Negeri AS Katie Waldman menyebut kelompok itu "gerombolan yang beringas", dan mengatakan mereka telah melemparkan proyektil ke agen.

“Kongres perlu sepenuhnya mendanai tembok perbatasan,” kata Waldman dalam sebuah pernyataan.

Kepabeanan dan Perlindungan Perbatasan AS (CBP) juga menyebut bahwa gas itu ditujukan melawan orang-orang yang melempari batu dari sisi Meksiko, yang menghalangi agen untuk membantu anak-anak melewati kawat berduri.

KEYWORD :

Donald Trump Migran AS Gas Air Mata




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :