Sabtu, 20/04/2024 01:41 WIB

Kekurangan Motor Tak Buat Ducati Gentar Hadapi MotoGP 2019

Kepala teknis tim Ducati, Gigi Dall`lgna menilai timnya akan mendapat manfaat dari penyederhanaan yang akan datang dengan menerjunkan lebih sedikit sepeda satelit MotoGP pada tahun 2019.

Kepala teknis tim Ducati, Gigi Dall`lgna (foto: Autosport)

Jakarta - Kepala teknis tim Ducati, Gigi Dall`lgna menilai timnya akan mendapat manfaat dari penyederhanaan yang akan datang dengan menerjunkan lebih sedikit sepeda satelit MotoGP pada tahun 2019.

Enam privateer Desmosedicis berkompetisi bersama karya-karya Ducatis musim lalu, dengan Nieto dan Avintia keduanya menjalankan motor spec 2016 di samping GP17 yang berusia setahun.

Nieto akan lenyap dari grid pada tahun 2019, digantikan oleh tim satelit baru Yamaha yang didukung Petronas, sementara Avintia akan memiliki dua GP18 untuk Karel Abraham dan Tito Rabat.

Ditambah dengan entri khusus karya Pramac untuk Jack Miller dan GP18 tahun untuk rookie Francesco Bagnaia, ini berarti hanya dua iterasi berbeda dari Desmosedici yang akan diwakili di MotoGP tahun ini.

"Kami hanya memiliki dua sepeda motor, ini memalukan dalam hal uang karena pasti tim membantu kami dalam hal ekonomi," kata Dall`Igna dilansir Autosport.

"Tetapi pada akhirnya kami menyederhanakan sistem karena sampai akhir 2018 kami memiliki tiga spesifikasi di grid dan ini tidak mudah untuk dikelola," tambahnya.

"Untuk musim depan kami memiliki tiga pebalap dengan motor 2018, tiga pembalap lainnya dengan motor 2019," lanjutnya.

"Jadi pastinya kita mendapatkan lebih sedikit uang, tetapi dalam hal penyederhanaan ini adalah langkah maju dan saya selalu melihat gelas setengah penuh."

Bagnaia, yang lulus ke MotoGP sebagai juara Moto2 yang berkuasa dan terkesan dalam tes pertamanya dengan Pramac di Valencia dan Jerez, telah dipasangkan dengan kepala kru Cristian Gabarrini yang sebelumnya bekerja dengan Jorge Lorenzo.

Danilo Petrucci, yang dipromosikan dari Pramac ke tim pekerja sebagai pengganti Lorenzo yang terikat Honda, akan terus bekerja dengan Daniele Romagnoli sebagai kepala krunya.

Dall`Igna mengatakan kesamaan antara gaya membalap Bagnaia dan Lorenzo berperan dalam gerakan kepala kru, tetapi menegaskan itu adalah bagian dari pendekatan yang lebih luas oleh Ducati untuk mengembangkan pengendara melalui tim satelit topnya.

"Saya ingin menggarisbawahi bahwa kami mendekati pengendara baru dengan cara yang berbeda dibandingkan dengan pabrikan lain, karena kami memutar teknisi antara dua tim, Pramac dan tim pabrikan Ducati, agar memiliki kontinuitas untuk pebalap," tuturnya.

"Jadi kami melakukan ini dengan Danilo, ia melanjutkan dengan kepala teknisi dan insinyur elektroniknya, Cristian Battaglia juga untuk musim berikutnya, dan kami akan melakukan hal yang sama dengan Bagnaia," tambahnya.

"Jadi Bagnaia akan memiliki dalam timnya chief engineer Gabarrini dan insinyur elektronik Tommaso Pagano dari Jorge Lorenzo," lanjutnya.

"Saya pikir ini penting untuk memahami betapa pentingnya pengembangan pengendara baru bagi Ducati."

KEYWORD :

Tim Ducati MotoGP 2019




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :