Kamis, 25/04/2024 06:05 WIB

Pengungsi Suriah Mulai Pulang Kampung

Para pengungsi Suriah kembali ke tanah air mereka setelah operasi anti-teror Turki membersihkan kota kelahiran mereka dari para teroris.

Anggota Hizbullah mengawal konvoi pengungsi Suriah di kota perbatasan Arsal, Lebanon, 12 Juli 2017 (Foto ilustrasi: Reuters)

Hatay, Turki  - Lebih dari 40 ribu warga Suriah meninggalkan Turki selama setahun terakhir karena kampung halaman mereka telah bersih dari teroris.

Setelah berlindung di Turki karena perang saudara di negaranya, sebanyak 40.574 warga Suriah dari berbagai wilayah di Turki menggunakan gerbang perbatasan Cilvegozu di provinsi Hatay untuk pergi ke wilayah Idlib yang telah bebas dari teror.

Mereka kembali ke tanah airnya setelah melalui prosedur hukum di perbatasan.

Tahun ini, sebanyak 104 ribu truk bermuatan bantuan kemanusiaan dan material komersial masuk ke Suriah menggunakan gerbang perbatasan yang sama.

Operasi Perisai Eufrat dan Ranting Zaitun Turki di bagian barat laut Suriah telah membebaskan wilayah itu dari teroris YPG/PKK dan Daesh, memungkinkan warga sipil Suriah untuk kembali ke tanah air mereka.

Bulan lalu, Menteri Dalam Negeri Turki Suleyman Soylu mengatakan hampir 300 ribu warga Suriah telah kembali ke rumah mereka sejak militer Turki melakukan operasi di wilayah tersebut.

"Jumlah warga Suriah yang kembali ke negara mereka setelah Operasi Perisai Eufrat dan Ranting Zaitun adalah 291.790 orang," ungkap Soylu.

 

KEYWORD :

Pengungsi Suriah Turki Timur Tengah




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :