Kamis, 25/04/2024 12:10 WIB

Raihan Prestasi Perempuan dari Bandung

Peranan perempuan di daerah masa kini sudah tak bisa lagi dianggap remeh jika dibandingkan dengan di kota besar. 

Ilustrasi peranan perempuan di daerah

Jakarta - Tak hanya di pusat, kemajuan dan peran perempuan di daerah-daerah sudah mulai tampak, begitupun peranan perempuan di Bandung. Prestasi perempuan di Bandung pun mendapatkan apresiasi dari pemerintah Kabupaten dan Kota Bandung.

Prestasi tersebut sekaligus menjadi wujud pengakuan bahwa perempuan daerah juga bisa berkontribusi untuk wilayah mereka masing-masing, khususnya memajukan lingkungan di sekitar tempat tinggal mereka.

Bupati Bandung H.Dadang M Naser,SH., S.Ip., M.Ip mengapresiasi sejumlah raihan prestasi yang telah diperoleh Perangkat Daerah (PD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung, baik dari tingkat provinsi maupun nasional.

Salah satu penerima penghargaan tersebut yakni Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Dra. Hj. Nia Setiana, M.Si atas diraihnya penghargaan piagam tanda kehormatan Satya Lencana Kebaktian Sosial dari Kementerian Republik Indonesia.

Tak hanya prestasi perempuan yang diraih, Pemkab Bandung juga menerima penghargaan sebagai Kabupaten Layak Anak kategori Pratama Tingkat Nasional dan penghargaan sebagai Pembina Posyandu terbaik tingkat Provinsi Jabar tahun 2018.

“Penghargaan juga diberikan kepada Desa Ciaro Kecamatan Nagreg sebagai juara satu P2WKSS (Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera) tingkat Jawa Barat kategori pembangunan responsif gender. Karang Taruna Jayagiri Desa Indragiri Kecamatan Rancabali juga menerima penghargaan sebagai juara satu Karang Taruna Tingkat Nasional tahun 2018,” papar Dadang.

Bupati Dadang mengatakan , semua penghargaan yang diraih Pemkab Bandung ditujukkan untuk para perempuan khususnya ibu-ibu di Kabupaten Bandung. “Dari semua prestasi yang diraih Pemkab Bandung, rata-rata ditujukkan untuk perempuan atau ibu-ibu,” ungkap Dadang.

Selain di Kabupaten Bandung,, Pemerintahkot) Bandung memberikan penghargaan kepada 10 perempuan. Penghargaan ini diberikan sebagai bagian dari peringatan Hari Ibu pada tahun ini.‎

Wali Kota Bandung Oded Muhammad Danial menyatakan peran seorang ibu tak sebatas di lingkungan keluarga. Namun, sambung dia, lebih jauh dari itu sudah memberikan dampak bagi proses pembangunan.

"Momentum Hari Ibu bukan hanya mengenang akan arti penting seorang ibu tetapi juga membangkitkan dukungan nyata kualitas kaum ibu. Sebagai bagian pilar utama bangun ketahanan keluarga yang berarti bangun ketahanan bangsa," kata Oded.

Oded menuturkan peran seorang ibu di era modern ini sangat sentral. Utamanya, dalam rangka mengontrol pendidikan anak-anaknya di tengah perkembangan zaman yang pesat.

"Saya mengajak kepada keluarga, untuk kembalikan roh pendidikan kepada anak- anaknya. Kontrol pergaulan anak kita, batasi bermain gadget dan game, ketahui kawannya, segera cepat tanggap jika ada hal yang tidak biasa dilakukan oleh anak," terangnya. 

Untuk itu, Oded juga turut mengimbau kepada para kaum ibu di Kota Bandung agar senantiasa memberikan pengawasan kepada anak-anaknya.

Oded meyakini baik seorang ibu ataupun sosok ayah dalam keluarga bisa menjadi gerbang pertama dalam mengarahkan perkembangan anak meraih masa depan. "Perempuan dan laki laki sebagai seorang ayah dan ibu, wajib mendidik anaknya sebagai partner yang baik," ucapnya.

KEYWORD :

Peran Perempuan Perempuan Daerah Kabupaten Bandung




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :