Selasa, 16/04/2024 18:53 WIB

Messi Tak Butuh Gelar Piala Dunia Untuk Buktikan Kualitas

Mantan pemain tim nasional Brazil, Zico menilai Lionel Messi tidak perlu memenangkan Piala Dunia untuk dianggap hebat sepanjang masa di dunia sepakbola.

Ekspresi Messi usai antarkan Argentina lolos 16 besar (foto: Marca)

Jakarta - Mantan pemain tim nasional Brazil, Zico menilai Lionel Messi tidak perlu memenangkan Piala Dunia untuk dianggap hebat sepanjang masa di dunia sepakbola.

Terlepas dari keberhasilannya yang luar biasa dengan Barcelona, hadiah terbesar dalam sepakbola internasional sejauh ini telah menghindarkan Messi, dengan Argentina hanya mencapai final di salah satu dari empat Piala Dunia dimana pemenang Ballon d`Or lima kali tampil.

Kampanye terakhir Argentina berakhir pada babak sistem gugur di Rusia tahun 2018, kalah dari juara Prancis, dan Messi akan berusia 35 pada saat Qatar 2022 berlangsung, sehingga peluangnya untuk merebut hadiah terlihat jauh.

Namun, Zico, yang tidak memenangkan Piala Dunia selama 10 tahun sebagai pemain Brasil, telah mengklaim Messi tidak perlu mengamankan trofi itu untuk membuktikan kualitasnya.

"Ini bukan frustrasi. Orang saat ini hanya memikirkan pencapaian. Saya pikir karir Anda, pekerjaan Anda adalah yang paling penting," kata Zico dikutip Soccerway, Jumat (28/12).

"Sepak bola adalah olahraga kolektif dan sering kali itu tidak tergantung pada Anda bermain dengan baik. Itu tergantung jika tim bermain dengan baik," tambahnya.

"Kadang-kadang Anda memutuskan permainan, tetapi Anda tidak bisa memutuskan kompetisi. Jadi, jasa Messi tidak dibatalkan karena dia belum memenangkan Piala Dunia," lanjutnya.

Zico menggambarkan salah satu pesepakbola yang menjadi pemain bintang walau tak pernah memenangkan Piala Dunia. Dia Johan Cruyff yang berhasil sebagai pemain juga sebagai pelatih.

"Johan Cruyff tidak memenangkan Piala Dunia dan merupakan salah satu pemain hebat dalam sejarah dan dia akan selalu seperti itu. Dan banyak lainnya yang sama," tuturnya.

"Semuanya didasarkan pada menjadi yang terbaik. Sepakbola adalah permainan kolektif, bukan dan permainan individu."

Zico menambahkan bahwa apa yang membuat Messi - dan Cristiano Ronaldo menonjol dari generasi pemain saat ini adalah kemampuan mereka untuk menempatkan tim masing-masing di atas penghargaan pribadi.

"Baik Cristiano Ronaldo dan Messi tidak pernah berhenti bermain untuk tim," kata Zico.

"Jika saya masih muda hari ini, mereka adalah pemain di mana saya akan mencerminkan diri saya sendiri. Pemain tingkat ini, bermain untuk tim," lanjutnya.

"Pemain yang terbaik karena mereka mempersiapkan diri untuk bertaruh. Anda tidak melihat pemain ini keluar, di media sosial, melewatkan pelatihan untuk berada di pesta," tambahnya.

"Mereka menjaga diri mereka sendiri agar memiliki performa individu yang baik, tetapi mereka tahu bahwa ini menguntungkan klub mereka."

KEYWORD :

Lionel Messi Piala Dunia




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :