Jum'at, 26/04/2024 06:19 WIB

Tips Sukses Wujudkan Resolusi Tahun Baru

Anda sering membuat resolusi di setiap pergantian tahun? Apakah berhasil Anda wujudkan?

Seberapa penting membuat resolusi di tahun baru (Foto: silhouettedonna.it)

Jakarta - Penelitian menunjukkan bahwa orang cenderung membuat keputusan hidup yang besar pada awal tahun, yang biasa kita sebut dengan Tahun Baru/" style="text-decoration:none;color:red;font-weight:bold">Resolusi Tahun Baru. Momen ini adalah waktu yang tepat untuk perubahan besar dan kecil.

Alih-alih mengikuti beberapa saran sederhana tentang cara membuat dan menjaga resolusi Tahun Baru, Anda bisa, sebaliknya menggunakan otak dan ilmu perilaku untuk membuat resolusi Tahun Baru yang benar-benar akan bermanfaat

Berikut adalah beberapa ide bagaimana mewujudkan Tahun Baru/" style="text-decoration:none;color:red;font-weight:bold">Resolusi Tahun Baru seperti yang dikutip dari laman Pysicological Today:

1. Pilih tindakan kecil dan konkret.

Meluangkan waktu berolahraga tidaklah mudah. "Makan sehat" tidaklah mudah. Kondisi inii adalah salah satu alasan resolusi Tahun Baru Anda mengapa tidak terwujud.

Banyak resolusi tahun baru adalah tentang kebiasaan - makan lebih sehat, berolahraga lebih banyak, minum lebih sedikit, berhenti merokok , mengirim pesan singkat lebih sedikit, menghabiskan lebih banyak waktu dengan keluarga dan teman.

Jika ini kebiasaan, dan Anda menginginkan yang baru, itu pasti sesuatu yang sangat kecil dan spesifik. Misalnya, alih-alih dapatkan waktu lebih banyak untuk olahraga," pilih berjalan setidaknya selama 20 menit setidaknya empat kali seminggu" atau mikmati smoothie sayuran setiap pagi sebagai ganti minuman yang biasa Anda konsumsi.

2. Gunakan isyarat visual dan pendengaran  

Ingin jalan-jalan setiap hari? Atur tempat di rumah Anda di mana sepatu bisa Anda lihat, jangan menyimpannya di lemari. Tempatkan sepatu di tempat di mana Anda akan melihat mereka ketika Anda pulang kerja atau hal pertama di pagi hari. 

Sepatu akan bertindak sebagai isyarat visual. Lalu, aatur alarm di ponsel Anda yang disebut "Jalan-jalan" dan biarkan alarm berbunyi setiap pagi pada pukul 7.30 pagi. Orang menjadi terbiasa dengan isyarat pendengaran dan visual dan itu membuat tindakan lebih mudah untuk menjadi kebiasaan.

Lebih mudah untuk jaringan otak Anda untuk mengerjakan niat yang dinyatakan dalam afirmatif daripada yang dinyatakan dalam negatif.

3. Tulis cerita tentang diri Anda

Cara terbaik (dan beberapa orang bahjan mengatakan satu-satunya) untuk mendapatkan perubahan perilaku yang besar dan jangka panjang, adalah dengan mengubah kisah-diri Anda.

Setiap orang memiliki cerita tentang diri mereka sendiri yang mendorong perilaku mereka. Anda memiliki gagasan tentang siapa Anda dan apa yang penting bagi Anda. Pada dasarnya Anda memiliki "cerita" yang menampilkan tentang diri Anda setiap saat. Cerita-diri ini memiliki pengaruh kuat pada keputusan dan tindakan.

Anda ingin membuat keputusan yang sesuai dengan ide Anda tentang siapa diri Anda. Ketika Anda membuat keputusan atau bertindak dengan cara yang sesuai dengan kisah-diri Anda, keputusan atau tindakan itu akan terasa benar. Ketika Anda membuat keputusan atau bertindak dengan cara yang tidak sesuai dengan kisah-diri Anda, Anda merasa tidak nyaman.

Jika Anda ingin mengubah perilaku Anda dan membuat perubahan itu tetap, maka Anda harus terlebih dahulu mengubah kisah-diri yang mendasarinya yang sedang beroperasi. 

Apakah Anda ingin lebih optimis? Maka Anda sebaiknya memiliki kisah-sendiri yang mengatakan bahwa Anda adalah orang yang optimis. Ingin bergabung dengan band komunitas lokal Anda? Maka Anda akan membutuhkan kisah-diri di mana Anda punya ketertarikan pada komunitas tersebut.

Dalam bukunya, Redirect , Timothy Wilson menjelaskan sejumlah besar penelitian mengesankan tentang bagaimana cerita dapat mengubah perilaku jangka panjang. Salah satu teknik yang dia teliti adalah "penyuntingan cerita":

Tuliskan kisah Anda yang ada. Berikan perhatian khusus pada apa pun tentang cerita yang melawan resolusi baru yang ingin Anda adopsi. Jadi, jika tujuan Anda adalah mempelajari cara mencabut dan mengurangi stres , maka tulislah sebuah cerita yang realistis, yang menunjukkan bahwa Anda sulit untuk menghilangkan stres, misalnya, bahwa Anda cenderung terlalu terlibat dalam drama di rumah atau di tempat kerja.

Sekarang tulis ulang ceritanya - buat kisah-diri baru. Ceritakan kisah cara hidup yang baru. Ceritakan kisah tentang orang yang menghargai hidup, dan membutuhkan waktu untuk merawat dirinya.

Teknik penyuntingan cerita sangat sederhana sehingga tampaknya tidak mungkin menghasilkan perubahan yang mendalam dan mendalam. Tetapi penelitian menunjukkan bahwa satu kisah yang ditulis ulang dapat menyatukan perbedaan.

KEYWORD :

Resolusi Tahun Baru Tahun Baru




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :