Sabtu, 20/04/2024 06:25 WIB

AS Tingkatkan Perlindungan bagi Anak Migran

Amerika Serikat akan melakukan upaya perlindungan luar biasa untuk menangani lonjakan anak-anak imigran yang berada dalam tahanan.

Migran asal Amerika Tengah berdiri di pagar perbatasan Amerika Serikat (Foto: AFP)

Washington – Amerika Serikat akan melakukan upaya perlindungan luar biasa untuk menangani lonjakan anak-anak imigran yang berada dalam tahanan. Demikian pernyataan Sekretaris Keamanan Dalam Negeri Kirstjen Nielsen pada Rabu (26/12), pasca meninggalnya bocah migran asal Guatemala.

Dalam keterangannya, akhir pekan ini Nielsen berencana melakukan perjalanan ke wilayah perbatasan Meksiko untuk menyaksikan pemeriksaan, dan kondisi medis di stasiun-stasiun patroli perbatasan.

Sementara Kongres dan Donald Trump masih menemui jalan buntu atas kesepakatan miliaran dolar untuk mendanai tembok di sepanjang berbatasan.

“Menanggapi lonjakan anak-anak yang belum pernah terjadi sebelumnya ke dalam tahanan kami, saya telah mengarahkan serangkaian tindakan perlindungan yang luar biasa,” kata Nielsen.

“Anak itu sangat memprihatinkan dan memilukan,” imbuhnya.

Sebelumnya, Neilsen telah meminta para ahli dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit untuk menyelidiki peningkatan pada anak-anak yang sakit yang melintasi, dan mengidentifikasi langkah-langkah apa yang harus diambil rumah sakit perbatasan sebagai bentuk persiapan.

Nielsen menambahkan bahwa dia juga menginstruksikan korps medis penjaga pantai AS untuk menilai dan membuat rekomendasi yang sesuai tentang program medis patroli perbatasan.

Sementara Komisaris Bea Cukai dan Perlindungan Perbatasan AS Kevin McAleenan, Rabu, memperingatkan bahwa agensi tersebut tidak dapat mengatasi ribuan kedatangan, karena sebagian besar fasilitas yang ada hanya diperuntukkan bagi migran dalam jumlah kecil.

“Kami membutuhkan bantuan dari Kongres. Kami perlu anggaran untuk perawatan medis dan perawatan kesehatan mental untuk anak-anak di fasilitas kami,” terangnya kepada CBS News.

Dalam dua bulan terakhir, Patroli Perbatasan telah menangkap 139.817 migran ilegal di perbatasan barat daya, dibandingkan dengan 74.946 selama periode yang sama tahun sebelumnya.

Lebih dari 68.500 adalah unit keluarga, sedangkan hampir 14.000 lainnya adalah anak-anak tanpa pendamping.

KEYWORD :

Migran AS Amerika Serikat




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :