Kamis, 18/04/2024 22:23 WIB

Ada Rekayasa Lalulintas di Perayaaan Malam Tahun Baru di Jakarta

Perayaan malam pergantian tahun baru bisa dipastikan akan diramaikan ribuan orang di pusatnya. Ini rekayasa pengalihan arus lalulintasnya.

Monas dan sekitarnya akan menjadi pusat perayaan malam tahun baru. (Foto : Doknet)

Jakarta- Seperti biasanya, Tahun Baru selalu disambut antusias masyarakat di berbagai wilayah di Indonesia. Khusus di Ibu Kota, DKI Jakarta, pihak Keplisian telah mempersiapkan rekayasa lalu lintas di malam pergantian tahun nanti.

Di Bunderan Hotel Indonesia (HI) di Jakarta Pusat, menjadi tempat atau pusat masyarakat Ibu Kota dalam menyambut pergantian tahun. Hal ini telah diantisipasi oleh Kepolisian, agar pengguna jalan tidak terganggu.

"Dari Bundaran Hotel Indonesia nanti sampai Patung Kuda Monas akan ada berkumpulnya massa saat malam tahun baru. Tentunya akan ada pengamanan yang ketat di sana demi keamanan masyarakat," terang Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Pol Refdi Andri melalui keterangan tertulis, di Jakarta, Kemarin.

Menurut Refdi, Jalan MH Thamrin dan sebagian Jalan Sudirman yang ada sekitar HI, akan diberlakukan malam bebas kendaraan bermotor atau car free night. Hal ini dilakukan sama, seperti tahun-tahun sebelumnya. Titik kumpul massa akan dipenuhi oleh masyarakat yang merayakan malam pergantian Tahun Baru.  

"Kita menghimbau kepada masyarakat agar memaklumi, bagaimana kita melakukan rekayasa lalu lintas. Nantinya personel Polantas akan disiagakan di lokasi. Ini untuk kepentingan keamanan dan kenyamanan bersama," ungkap Refdi.

Keramaian akan terjadi di beberapa tiik, yakni Ancol, Jakarta Utara dan Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur. Dua tempat wisata itu selama ini menjadi lokasi favorit warga Jakarta merayakan pesta pergantian tahun.

"Operasi Lilin diterapkan hingga tanggal 1 Januari 2019. Dari sisi keamanan di beberapa kawasan itu, yakni Bundaran HI-Thamrin dari tutup Monas hingga pagi kami siapkan pengamanan. Begitu juga Ancol dan TMII. Kita jaga keamanannya," jelas Refdi.

KEYWORD :

Refdi Rekayasa Tahun Baru




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :