Kamis, 25/04/2024 11:47 WIB

Erdogan: Tugas AS di Suriah Sudah Kelar

Erdogan mengatakan, Turki lebih fokus pada penarikan pasukan AS yang diumumkan daripada pernyataan presiden Prancis bahwa tentara Prancis akan tetap tinggal.

Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan (Foto: Murat Kaynak / Anadolu)

Ankara - Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan mengatakan, Pemerintah Amerika Serikat (AS) telah menyelesaikan tugasnya sehingga memutuskan menarik tentaranya dari Suriah.

Kepada wartawan, Erdogan mengatakan, Turki lebih fokus pada penarikan pasukan AS yang diumumkan daripada pernyataan presiden Prancis bahwa tentara Prancis akan tetap tinggal.

"Kami melanjutkan kerja sama kami dengan Presiden AS, Donald Trump tentang Suriah," kata Erdogan, dilansir dari Memo.

"Amerika telah melakukan bagiannya," tambahnya.

Pria 64 tahun itu juga mengatakan, Turki sedang mendiskusikan jadwal untuk melakukan pertemuan antara Trump dan Presiden Rusia, Vladimir Putin.

Erdogan mengisyaratkan bahwa operasi lintas batas terhadap kelompok teroris PYD/YPG di Suriah akan segera terjadi, mungkin termasuk daerah di mana pasukan AS saat ini berada. Sejak 2016, Ankara  melakukan dua operasi militer serupa di Suriah utara.

Pekan lalu, Trump membuat pengumuman mengejutkan bahwa AS akan menarik pasukannya dari Suriah. Keputusannya menyusul panggilan telepon Erdogan di mana kedua pemimpin sepakat tentang perlunya koordinasi yang lebih efektif di Suriah.

KEYWORD :

Donald Trump Perang Suriah Amerika Serikat Turki




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :