Sabtu, 20/04/2024 14:07 WIB

Sterling Berani Bicara Soal Rasisme

Pelatih timnas Inggris, Gareth Southgate menilai Raheem Sterling telah menunjukkan keberanian yang mengagumkan dalam berbicara untuk menyoroti masalah rasisme dalam sepakbola.

Raheem Sterling bersama pelatih timnas Inggris, Gareth Southgate

Jakarta - Pelatih timnas Inggris, Gareth Southgate menilai Raheem Sterling telah menunjukkan keberanian yang mengagumkan dalam berbicara untuk menyoroti masalah rasisme dalam sepakbola.

Selama kekalahan Manchester City dari Chelsea di Stamford Bridge awal bulan ini, Sterling diduga disalahgunakan secara rasial.

Chelsea kemudian menangguhkan empat penggemar sambil menunggu investigasi lebih lanjut dan setelah insiden itu, penyerang Inggris itu pergi ke Instagram untuk menunjukkan liputan media tentang pemain sepak bola kulit hitam muda, yang ia merasa "memicu rasisme menjadi perilaku agresif".

Southgate percaya Sterling harus bertepuk tangan untuk mengambil sikap dan membantu membawa masalah ini ke mata publik.

"Lebih mudah bagi saya untuk berbicara tentang apa yang saya rasakan tentang apa yang dilakukan Raheem dan seberapa berani dia dalam berbicara," kata Southgate kepada Sky Sports.

"Kami telah melihat insiden rasisme dalam beberapa bulan terakhir yang selalu tidak dapat diterima, tetap tidak dapat diterima dan akan tidak dapat diterima jika terjadi di masa depan. Kami harus berharap mereka tidak," tambahnya.

"Sepak bola adalah cermin masyarakat dan sayangnya rasisme ada di masyarakat sehingga ada saat-saat ketika orang menggunakan kesempatan di lapangan sepakbola untuk memicu itu," lanjutnya.

"Kami harus berdiri kuat sebagai permainan untuk memastikan itu tidak terjadi. Saya pikir Raheem berkomentar tentang apa yang terjadi di stadion, tetapi juga bias tak sadar yang mungkin ada."

"Saya pikir itu adalah topik besar bagi semua orang untuk dipikirkan dan direnungkan serta melihat bagaimana hal itu dapat memengaruhi kehidupan kita dan bagaimana kita dapat melakukan berbagai hal secara berbeda ketika kita bergerak maju.

"Saya benar-benar memuji apa yang dia lakukan dan saya pikir dia harus sangat bangga menjadi cukup berani untuk berdiri karena itu bukan hal yang mudah untuk dilakukan."

KEYWORD :

Gareth Southgate Raheem Sterling Manchester City




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :