Kamis, 18/04/2024 16:15 WIB

PMI Respon Tsunami yang Melanda Banten dan Lampung

Tim PMI yang terjun ke lapangan membantu untuk upaya evakuasi dan memberikan pertolongan pertama bagi warga yang mengalami luka-luka.

Tsunami Anyer Selat Sunda

Tim PMI yang terjun ke lapangan membantu untuk upaya evakuasi dan memberikan pertolongan pertama bagi warga yang mengalami luka-luka.

Jakarta - Akibat gelombang Tsunami setinggi 4 meter yang melanda sejumlah pantai di wilayah Kab Pandeglang, Kab Serang dan Wilayah Kab. Lampung Selatan, pada Sabtu (22/12).

Palang Merah Indonesia (PMI) memobilisasi sebanyak 120 personel Sukarelawan di wilayah Banten serta memobilisasi 6 unit ambulans. Sementara di wilayah Lampung Selatan, PMI memobilisasi 15 personil sukarelawan untuk membantu upaya evakuasi warga yang terdampak akibat terjangan Tsunami.

Menurut Kepala Sub Tanggap Darurat Markas Pusat PMI Ridwan Sobri Carmab mengatakan, saat ini banyak warga yang masih mengungsi di wilayah perbukitan di Cikaduan, di wilayah dekat Pantai Tanjung Lesung.

“Saat ini warga terdampak masih trauma untuk kembali ke rumah mereka walaupun kondisi air laut sudah surut, mereka memilih untuk mengungsi sementara ke Daerah yang lebih aman,” jelas Ridwan.

“Tim PMI yang terjun ke lapangan membantu untuk upaya evakuasi dan memberikan pertolongan pertama bagi warga yang mengalami luka-luka, selain itu kami juga melakukan asesmen terkait dengan respon selanjutnya,” tambah Ridwan.

Sementara itu, di wilayah Lampung Selatan wilayah terdampak meliputi wilayah Rajabasa, Kalianda, Sidomulyo dan Ketibung. “Berdasarkan laporan dari tim PMI di lampung Selatan, sekitar 2000 orang mengungsi di Kantor Gubernur Lampung, namun sudah ada yang kembali ke rumah dan masih ada yang mengungsi karena takut ada Tsunami susulan,” tambah Ridwan.

Berdasarkan data dari BNPB, hingga (23/12) jumlah korban meninggal sudah mencapai 222 Orang, 843 orang mengalami luka-luka, 28 orang hilang, 558 unit rumah rusak berat, 9 unit hotel rusak berat, 96 warung kuliner hancur, 350 kapal nelayan rusak.

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi; Ridwan Sobri Carman, Kepala Sub Tanggap Darurat PMI Pusat, HP. 082111916892, Aulia Arriani, Kepala Biro Humas PMI Pusat, HP. 0816795379, Kontak Media, Anggun Permana, HP. 085697777313

KEYWORD :

Tsunami Banten Pantai Anyer Respons PMI




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :