Jum'at, 19/04/2024 11:13 WIB

Peristiwa Sejarah 20 Desember

Tanggal 20 Desember yang jatuh pada hari ke-354 (hari ke-355 dalam tahun kabisat) dalam kalender Gregorian dengan 11 hari menjelang akhir tahun menyimpan banyak peristiwa sejarah

Tanggl 20 Desemebr tahun 2001, Presiden Argentina Fernando de la Rua mengundurkan diri di tengah protes massal

Jakarta - Tanggal 20 Desember yang jatuh pada hari ke-354 (hari ke-355 dalam tahun kabisat) dalam kalender Gregorian dengan 11 hari menjelang akhir tahun menyimpan banyak peristiwa sejarah. Salah satunya, Carolina Selatan menjadi negara pertama yang memisahkan diri dari Amerika Serikat pada 1860 silam.

Berikut peristiwa sejarah tanggal 20 Desemebr dikutip UPI:

1803 - New Orleans berpindah tangan dari Perancis ke Amerika Serikat.

1812 - Sacagawea, wanita India yang membantu memandu Ekspedisi Lewis dan Clark, meninggal.

1860 - Carolina Selatan menjadi negara pertama yang memisahkan diri dari Amerika Serikat.

1917 - Felix Edmundovich Dzerzhinsky mendirikan Cheka, kelompok kepolisian rahasia Soviet yang pertama.

1949 - Kabinet dan Perdana Menteri Republik Indonesia Serikat dilantik.

1956 - Sebuah boikot bus umum dari Montgomery, Ala., Secara resmi berakhir tetapi tidak sampai itu telah memberikan dorongan besar bagi perjuangan hak-hak sipil di Selatan. Boikot itu disebut sebagai reaksi terhadap 1 Desember 1955, penangkapan Rosa Parks, seorang wanita Afrika-Amerika, karena menolak menyerahkan kursi busnya kepada seorang lelaki kulit putih.

1968 - yang disebut Pembunuh Zodiac membunuh kedua korban yang dikonfirmasi - David Faraday, 17, dan Betty Lou Jensen - di Vallejo, Calif. Dia akan terus membunuh setidaknya lima orang, meskipun ia mengambil kredit untuk tiga lusin kematian.

1987 - Sebuah feri penumpang yang diserang oleh kapal tanker minyak tenggelam di Filipina dan hampir 1.600 orang tewas dalam apa yang disebut bencana maritim terbesar di masa damai .

1989 - Amerika Serikat menginvasi Panama untuk menggulingkan Manuel Noriega dan menginstal pemerintahan sipil yang terpilih.

1990 - Eduard Shevardnadze tiba-tiba mengundurkan diri sebagai menteri luar negeri Soviet , memperingatkan bahwa "kediktatoran akan datang." Uni Soviet secara resmi bubar setahun kemudian dan Shevardnadze menjadi pemimpin negara asalnya, Georgia.

1995 - 160 orang tewas ketika American Airlines 757 menabrak gunung sesaat sebelum dijadwalkan mendarat di Cali, Kolombia .

1995 - NATO menerima tugas pemeliharaan perdamaian di Bosnia-Herzegovina pada akhir Perang Bosnia.

1998 - Seorang wanita Houston, Nkem Chukwu, melahirkan tujuh bayi setelah melahirkan yang pertama dari octuplets-nya, 12 hari sebelumnya. Keenam gadis dan dua anak laki-laki adalah satu-satunya seperangkat bayi kembar yang diketahui lahir hidup di Amerika Serikat. Bayi terkecil, seorang gadis, meninggal seminggu kemudian.

1999 - Makau resmi dikembalikan oleh Portugal kepada Tiongkok.

2001 - Presiden Argentina Fernando de la Rua mengundurkan diri di tengah protes massal .

2007 - Ratu Elizabeth II menjadi raja tertua dalam sejarah Inggris, melebihi nenek buyutnya, Ratu Victoria, yang hidup 81 tahun, tujuh bulan, empat minggu dan satu hari.

2007 - Dua lukisan, termasuk lukisan karya Pablo Picasso berjudul Portrait of Suzanne Bloch , dicuri dari Museum Seni Sao Paulo di Brasil. Lukisan-lukisan itu ditemukan pada Januari 2008.

2011 - Kepler, observatorium ruang angkasa yang mengorbit NASA, menemukan dua planet seukuran Bumi di luar tata surya tetapi para ilmuwan mengatakan bahwa orbitnya terlalu dekat dengan bintang mirip matahari untuk memiliki air di permukaan.

2013 - Kanada Mahkamah Agung dihempaskan undang-undang anti-prostitusi di negara itu, menyebut mereka "sangat tidak proporsional." Pemerintah memberlakukan undang-undang baru pada tahun 2014 yang menargetkan mucikari dan orang-orang yang membeli layanan seksual.

2014 - Dua petugas polisi New York dibunuh dengan gaya eksekusi saat duduk di kendaraan patroli mereka. Penembak telah memposting pesan yang mengancam di media sosial terhadap polisi dan mendukung Eric Garner dan Michael Brown, keduanya dibunuh oleh polisi.

2015 - Tanah longsor di sebuah taman industri di Shenzhen, Cina, menggulingkan puluhan bangunan dan menewaskan 73 orang. Bencana itu disebabkan oleh limbah konstruksi.

2017 - Kongres AS meloloskan Pemotongan Pajak dan Undang-Undang Pekerjaan, perbaikan besar pertama dari kode pajak AS dalam 30 tahun. Undang-undang ini memangkas pajak perusahaan secara permanen dari 35 persen menjadi 21 persen dan secara sementara memotong braket pajak pendapatan atas dari 39,6 persen menjadi 37 persen.

KEYWORD :

Peristiwa Sejarah Bulan Desember




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :