Kamis, 25/04/2024 20:09 WIB

Lorenzo Takkan Ragu Kalahkan Marquez di Honda

Setelah dua musim naik-turun di Ducati, tiga kali juara MotoGP Lorenzo telah beralih ke Honda untuk kampanye 2019, dan telah mengendarai motor pabrikan dalam pengujian pasca-musim di Valencia dan Jerez.

Lorenzo dan Marquez (foto: Google)

Jakarta - Lima kali juara 500cc Mick Doohan percaya Jorge Lorenzo tidak memiliki alasan untuk tidak mengalahkan rekan setim barunya di Repsol Honda, Marc Marquez musim depan.

Setelah dua musim naik-turun di Ducati, tiga kali juara MotoGP Lorenzo telah beralih ke Honda untuk kampanye 2019, dan telah mengendarai motor pabrikan dalam pengujian pasca-musim di Valencia dan Jerez.

Dia mengakhiri tes Jerez hanya 0,039 detik lebih lambat dari rekan setimnya yang baru Marquez dan, meskipun Lorenzo tidak dapat berkomentar di depan publik tentang kemajuannya sampai tahun depan, Marquez melaporkan umpan balik awal pendatang baru itu mirip dengan miliknya sendiri.

Dikutip dari Autosport, Kamis (20/12), Doohan mengatakan Lorenzo tidak akan menyembunyikannya jika dia lebih lambat dari Marquez, dan menyarankan Honda akan lebih mengakomodasi kebutuhan Lorenzo daripada Ducati.

"Saya pikir Lorenzo berada dalam situasi yang rumit karena dia mendapat banyak tekanan, tetapi di sisi lain, itu bisa positif karena satu-satunya hal yang bisa dia lakukan adalah mengalahkan Marc dengan senjata yang sama," kata Doohan.

"Ini seperti ketika Eddie Lawson pergi ke Honda dan mengatakan bahwa jika Wayne Gardner menggunakan sepedanya yang sama, dia tidak akan berada pada levelnya. Dan Gardner tiba dan memenangkan kejuaraan pada 1987," tambahnya.

"Saya cenderung berpikir ini adalah salah satu alasan mengapa Jorge mengambil tantangan untuk naik ke sebelah Marc, untuk mengetahui apakah dia mampu menang melawannya. Jorge tidak akan punya alasan apa pun karena dia akan memiliki sumber daya yang sama seperti Marc."

Meski Lorenzo harus terlebih dahulu beradaptasi dengan motor barunya, namun Doohan yakin pebalap asal Spanyol itu takkan butuh waktu yang lama untuk menguasai tunggangan barunya. 

"Masih harus dilihat bagaimana dia beradaptasi dengan metode kerja Honda, karena Marc sudah ada di sana lebih lama dan tahu segalanya dengan sempurna. Namun, Jorge memiliki banyak pengalaman dan saya pikir dia akan terbiasa dengan cepat," tuturnya.

Doohan menambahkan kehadiran Lorenzo yang menggantikan Dani Pedrosa akan memacu lima kali juara MotoGP Marquez untuk lebih tertantang lagi untuk kembali menjuarai MotoGP.

"Yang jelas adalah kedatangan Lorenzo akan memotivasi Marc banyak," ujarnya.

KEYWORD :

Jorge Lorenzo Marc Marquez Tim Honda




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :