Sabtu, 20/04/2024 13:52 WIB

Dua Kunci Jaga Kelembaban Kulit Wajah Anda

Kulit kering karena kurang hidrasi membuat wajah lebih kusam, crack, dan lebih mudah keriput, bagaimana cara menjaga kelembabannya

Seringkali rutinitas merawat kulit menjadi terlewatkan, padahal jika biasakan efeknya baik untuk kulit wajah (Ilustrasi foto: Istockphoto/Ridofranz)

Jakarta - Tahukah Anda, selain melembapkan, moisturizer juga berfungsi untuk meminimalisir garis-garis halus dan kerusakan sebagai akibat dari faktor-faktor yang menyebabkan penuaan dini.

Bagaimana menjaga kulit agar tetap lembab? Menurut Dermatologist dr Atika Damayanti Sp. KK penggunaan pelembab itu penting sekali untuk semua jenis kulit. Tapi untuk kondisi kulit yang bermasalah memang butuh perhatian khusus.

"Penggunaan pelembab itu harus ya, sebab 70 persen berada di badan kita. Diimbangi dengan minum air putih sebanyak 2-3 liter per hari," ungkapnya.

Skin Expert di Skin 3 Clinic juga bilang mulai merawat wajah dengan mencuci muka dua kali sehari. "Tipsnya sesuaikan dengan jenis kulit dan kebutuhan. Setelah cuci muka jadi kesat lalu kembalikan wajah lembab dengan moisturizer.Jangan lupa melindungi kulit dengan sunscreen atau sunblock," imbaunya.

Tak lupa ia mengingatkan untuk cek kandungan yang ada dalam produk jangan sampai ada yang membahayakan. Perawatan wajah yang direkomendasikan memiliki bahan aktif yang diunggulkan.

Selain itu, tidak menyebabkan alergi, karena ada tipe kulit yang mudah break out jika tidak memperhatikan jenis kandungannya.

Prinsipnya kebersihan yang dimulai dengan cuci muka dulu, jika punya kulit sensitif hindari BB, CC, foundation bisa menutup kulit yang berpotensi sumbatan di pori-pori yang menyebabkan jerawat.

Day cream dan moisturizer juga bisa dipakai sehari-hari. Kalau krim malam lebih ke mengobati dan mengangkat sel kulit mati karena bisa istirahat tidak untuk melindungi sinar matahari.

Ada waktu empat Minggu untuk melihat produk cocok atau enggak. Kalau tidak cocok biasanlay malah lebih cepat seminggu sudah breakout.

KEYWORD :

Kulit Lembab Perawatan Kulit




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :