Kamis, 25/04/2024 11:44 WIB

Mulai 2019 Produk Kemasan Harus Cantumkan Informasi Gizi

Konsumsi gula, garam, dan lemak harus dijaga karena jika berlebihan akan menimbulkan risiko berbagai penyakit tidak menular.

Kepala Subdit Diabetes Melitus dan Gangguan Metabolik, Direktorat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular, Kemenkes RI, dr. Prima Yosephine (Foto: Ecka Pramita)

Jakarta - Dengan memiliki informasi nilai gizi pada label produk bertujuan untuk memberikan edukasi ke konsumen pentingnya mengetahui jumlah asupan gula, garam, lemak menurut kebutuhan nutrisi hariannya (Angka Kecukupan Gizi).

Kepala Subdit Diabetes Melitus dan Gangguan Metabolik, Direktorat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular, Kementerian Kesehatan RI, dr. Prima Yosephine, MKM mengatakan konsumsi gula, garam, dan lemak sejatinya harus dijaga karena jika berlebihan akan menimbulkan risiko berbagai penyakit tidak menular seperti, hipertensi, stroke, diabletes, dan serangan jantung.

Merujuk Permenkes No. 63 Tahun 2015 tentang Perubahan Permenkes No. 30 Tahun 2013 menuliskan pencantuman informasi kandungan gula, garam
dan lemak pada pangan olahan dan siap sajim

“Konsumsi Gula lebih dari 50 gram, Natrium lebih dari 2000 mili gram, atau Lemak total lebih dari 67 gram per orang per hari berisiko hipertensi, stroke, diabetes, dan serangan jantung," ucap dr Prima di Jakarta, Selasa (18/12).

Apabila konsumen lebih cermat memilih minuman kemasan yang akan dikonsumsi, maka Penyakit Tidak Menular (PTM) tersebut dapat dihindari.

Jika konsumen memilih untuk mengonsumsi minuman dalam kemasan, artinya konsumen harus lebih cermat dalam memilih alternatif minuman yang lebih sehat.

"Salah satu caranya adalah dengan menjadi konsumen yang cerdas dengan memperhatikan kandungan gizi dan nutrisi yang terkandung di dalamnya.” jelasnya.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia juga telah memberi anjuran konsumsi gula, garam, dan lemak yang ideal bagi individu per hari sebagai G4, G1, dan L5.

Anjuran G4, G1, dan L5 adalah konsumsi dengan takaran gula sebanyak 4 sendok makan (50 gram), garam sebesar 1 sendok teh (5 gram), dan lemak sejumlah 5 sendok makan (67 gram) setiap harinya.

KEYWORD :

Produk Kemasan Kandungan Gizi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :