Kamis, 25/04/2024 11:36 WIB

Inovasi Butuh Lihat Kebutuhan Pasar

Selain bermanfaat, lanjut Jumain, produk yang dikembangkan harus juga memiliki nilai dari sisi ekonomi, sosial, dan budaya

Direktur Jenderal Penguatan Inovasi Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia, Jumain Appe dalam acara Ekspose Produk Inovasi sebagai Capaian Direktorat Jenderal Penguatan Inovasi, di Cisarua Bogor, Jawa Barat, Rabu (19/12).

Bogor - Direktur Jenderal Penguatan Inovasi Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia, Jumain Appe menilai salah satu alat ukur kesuksesan dalam pengembangan produk-produk inovasi dan teknologi ketika produk tersebut memiliki manfaat untuk masyarakat.

Menurut Jumain, untuk mampu melihat adanya manfaat dari inovasi yang dikembangkan, pengembang harus mampu melihat kebutuhan pasar, sehingga nantinya produk tersebut memiliki dampak langsung kepada masyarakat.

"Kita harus mengembangkan inovasi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Kalau tidak sesuai dengan kebutuhan maka akan jadi sampah atau sesuatu yang sia-sia," kata Jumain Appe dalam acara Ekspose Produk Inovasi sebagai Capaian Direktorat Jenderal Penguatan Inovasi, di Cisarua Bogor, Jawa Barat, Rabu (19/12).

"Makanya kita dorong perguruan tinggi dan masyarakat melukukan pengembangan dan merubah kreativitas menjadi sesuatu yang bermanfaat," tambahnya.

Selain bermanfaat, lanjut Jumain, produk yang dikembangkan harus juga memiliki nilai dari sisi ekonomi, sosial, dan budaya. "Bermanfaat saja tidak cukup kalau produk itu tidak memiliki nilai," katanya.

Selain itu, Jumain juga mengingatkan bahwa ada tiga faktor utama yang harus diperhatikan dalam pengembangan inovasi tanah air agar bisa bersaing dengan negara luar yaitu: Mendorong Kreativitas, Melakukan Inovasi dan Pengembangan Enterpreuner.

"Ketiga hal itu harus disatukan agar membuat Indonesia mampu bersaing dengan negara-negara asing," tuturnya.

Tak lupa Jumain juga pemanfaatan dan pemasaran produk-produk inovasi dan teknologi membutuhkan keberpihakan dan penguatan regulasi untuk menciptakan kondisi kondusif bagi pertumbuhan dan pengembangan inovasi di tanah air.

"Bagaimana kita berpihak menggunakan inovasi ini mesti ada aturan. Keberpihakan dapat diwujudkan dengan penggunaan hasil inovasi dan teknologi anak bangsa di dalam negeri. Setelah launching, maka langsung digunakan nasional," tambahnya.

KEYWORD :

Inovasi Teknologi Kebutuhan Pasar




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :