Selasa, 23/04/2024 21:05 WIB

Kena PHK? Simak Tips Kelola Dana Pensiun Berikut Ini

Alih-alih terpuruk Anda disarankan untuk bangkit dan segera mengelola dana pensiun dari pekerjaan agar keuangan tetap stabil.

Uang Rupiah (ilustrasi)

Jakarta - Kondisi orang yang terkena PHK sementara waktu tidak bisa melakukan apa-apa saja untuk mendapatkan keuangan yang stabil. Tapi bukan berarti harus terpuruk dan menyerah karena jika masa bekerja Anda lama, akan ada dana pensiun yang bisa Anda kelola.

Sayangnya terkadang ada beberapa kasus yang menganggap dana pensiun dengan jumlah yang tidak sedikit langsung dipakai untuk hal konsumtif

Nah berikut ada beberapa tips untuk melakukan pengelolaan keuangan usah terkena PHK:

1. Gunakan dana pesangon dengan bijak

Ketika Anda terkena PHK, untuk memenuhi kebutuhan hidup Anda akan bergantung pada dana pesangon. Jumlah yang dapat digunakan PHK tentu saja berbeda-beda dari jumlah gaji dan masa waktu Anda bekerja di perusahaan.

Agar uang ini tidak habis begitu saja, maka Anda harus menggunakan bijak. Gunakan dana ini tepat guna dan tidak perlu sembarangan. Ini dilakukan melihat terbatasnya jumlah dana pesangon yang terbatas. Agar lebih berkualitas, gunakan daftar prioritas keinginan.

2. Utamakan bayar hutang

Dana pesangon memiliki dua prioritas yang pertama adalah Kebutuhan sehari-hari dan yang adalah kewajiban membayar hutang. Jika dana pesangon yang didapat, segera besarkan segera lunasi. Jika tidak, jualah aset yang Anda miliki. Semoga agar aset yang dilepas tidak mencekik keluarga Anda.

3. Proteksi dana dan investasi

Jika semua biaya sudah terlunasi dan terpenuhi, gunakan dana dana ini untuk membiayai atau dibelikan asuransi. Memproteksi dana bisa dengan membeli asuransi kematian, membuat uang dengan uang, dana Anda masih bisa terlindungi dan bisa diberikan oleh keluraga. Jika dana pesangon Anda masih lebih juga, gunakanlah asuransi jiwa yang berguna untuk melindungi biaya pengobatan.

4. Siapkan dana darurat

Menjalankan dana darurat bisa dilakukan sebelum atau setelah PHK. Lebih baik usaha sedini mungkin untuk berdiri dana ini. Anda dapat membantu Anda untuk menyelesaikan masalah yang tidak diinginkan. Caranya sangat mudah, hanya dengan menabung atau menyisihkan setiap penghasilan Anda.

5. Ubah gaya hidup

Ketika terkena PHK, konsekuensinya adalah keluarga harus rela mengubah gaya hidup. Jika bisanaya sering pergi ke mall untuk mencari makan siang di restoran mahal atau nongkrong di kafe premium, maka ubahlah kebiasaan dengan sesuatu yang lebih sederhana.

KEYWORD :

Dana Pensiun Tips Keuangan PHK




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :