Kamis, 21/03/2019 18:32 WIB

Ketua DPR Jamin Pemilu 2019 Berjalan Aman

Meski Pemilu serentak 2019 tinggal hitungan bulan, Ketua DPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) memastikan stabilitas negara tetap kondusif. Untuk itu, semua elemen masyarakat diminta tidak perlu khawatir.

Ketua DPR, Bambang Soesatyo

Jakarta - Meski Pemilu serentak 2019 tinggal hitungan bulan, Ketua DPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) memastikan stabilitas negara tetap kondusif. Untuk itu, semua elemen masyarakat diminta tidak perlu khawatir.

Bamsoet mengatakan, aparat penegak hukum dapat mengatasi konstelasi politik di tanah air yang belakangan memanas. Oleh sebab itu, masyarakat tidak perlu takut dan tetap menjalankan aktivitas sebagaimana biasanya.

"Memang ada upaya mengeskalasi tensi politik dengan sejumlah gerakan, provokasi, hingga saling antar pendukung kandidat calon presiden. Namun segala sesuatunya bisa diatasi oleh penegak hukum sesuai ketentuan perundangan," kata Bamsoet, saat diskusi Refleksi Akhir Tahun di DPR RI, Jakarta, Selasa (18/12/18).

Politisi Partai Golkar itu meminta, agar semua pihak bisa menahan diri. Persiapan maupun manuver politik dari para kontestan hendaknya tidak merusak kondusifitas.

"Kritik maupun saran sangat diperbolehkan, namun jika sudah masuk ke ranah hoax dan ujaran kebencian, ini yang tidak boleh dibiarkan," tegasnya.

Turut menjadi narasumber antara lain Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang dan Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid.

Sebaliknya, kata Bamsoet, para kader partai politik berkewajiban memelihara iklim yang kondusif. Jika hal ini terwujud, dunia akan melihat Indonesia yang solid.

“Dalam konteks merawat stabilitas nasional, pimpinan DPR mendorong TNI, Polri dan BIN untuk terus mengantisipasi berbagai kemungkinan terburuk yang diakibatkan oleh manuver-manuver politik. Manuver politik oleh siapa pun tidak boleh mengorbankan masyarakat. Apalagi mengadu domba antar kelompok masyarakat,” tegas Bamsoet.

Selain melakukan Refleksi Akhir Tahun, kegiatan ini sekaligus pengenalan pengurus baru Koordinatoriat Wartawan Pressroom DPR RI. Wakil Ketua Umum Pemuda Pancasila ini mengajak wartawan menjadi mitra kritis Parlemen, yang senantiasa memberikan kritik dan masukan serta tidak segan memberikan apresiasi atas berbagai capaian yang dihasilkan Dewan.

“Antara wartawan dan Anggota Dewan ibaratnya dua sejoli yang tidak bisa dipisahkan. Keduanya harus hidup berdampingan, rukun dan guyub. Wartawan harus bisa memberitakan kegiatan kedewanan secara adil, berimbang, dan proporsional. Sehingga masyarakat bisa mengetahui dengan pasti apa saja yang sudah dilakukan oleh setiap anggota dewan. Selain itu, wartawan tidak boleh menjadi bagian dari penyebar hoax dan ujaran kebencian,” pungkas Bamsoet.

TAGS : Ketua DPR Bambang Soesatyo Refleksi Akhir Tahun




TERPOPULER :