Kamis, 25/04/2024 12:44 WIB

Perang Dagang Bikin Petani dan Peternak AS Menjerit

Petani Amerika Serikat mengalami kerugian besar akibat perang dagang

Presiden China, Xi Jinping dan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump (Foto: Getty Images)

Washington - Pemerintah Amerika Serikat (AS) mengkucurkan lebih banyak bantuan kepada para petani dan peternak yang menderita akibat  perselisihan perdagang dengan China, Uni Eropa dan lainnya

Melalui akun Twitter-nya pada Senin (17/12), Donald Trump mengatakan sudah memberikan wewenang kepada Meneri Pertanian (AS), Sonny Perdue untuk mengkucurkan bantuan kedua dan terakhir dari pake bantuan senilai USD12 milar yang dijanjikan pada Juli.

"Hari ini saya menepati janji baik saya untuk membela Petani & Peternak dari balas dendam perdagangan tidak adil oleh negara-negara asing," kata Trump di Twitter-nya.

"Saya telah memberi wewenang kepada Menteri Perdue untuk melaksanakan Pembayaran Fasilitasi Pasar tahap ke-2. Ekonomi kami lebih kuat dari sebelumnya - kami bersama para petani kami!," tambahnya.

Program ini ditujukan untuk almond, kapas, jagung, susu, babi, sorgum, kedelai, produsen ceri dan gandum segar yang telah kehilangan banyak penjualan karena tindakan pembalasan oleh pemerintah asing, terutama China.

"Meskipun ada gerakan positif di bidang perdagangan, para petani Amerika terus mengalami kerugian karena pembalasan perdagangan yang tidak dapat dibenarkan oleh negara-negara asing," kata Perdue dalam sebuah pernyataan.

"Program ini akan membantu mengatasi masalah arus kas jangka pendek saat kita memasuki tahun baru," katanya.

Pada September, Departemen Pertanian mengumumkan pembayaran awal USD4,7 miliar. Petani yang menerapkan, menyelesaikan panen mereka, dan sertifikasi produksi 2018 akan dapat menerima pembayaran tambahan untuk paruh kedua dari produksi 2018.

Pembayaranpertama dan kedua diperkirakan berjumlah USD9,5 miliar.

Program ini mendapat kecaman dari beberapa sektor pertanian karena terlalu kecil untuk mengimbangi dampak perang dagang dengan China.

FederasiProdusen Susu Nasional mengirim surat ke Gedung Putih pada musim gugur ini dengan menyatakan kerugian akibat pembalasan tarif akan melebihi USD1 miliar tahun ini.

Sebuah asosiasi yang mewakili petani kedelai, di antara yang paling terpukul  perselisihan perdagangan, menyerukan kepada pemerintah awal bulan ini untuk segera mengkucurkan bantuan kedua.

Davie Stephens, presiden asosiasi, mengatakan mustahil penjualan kedelai AS ke China dapat dipertahankan kecuali China menghapus tarif 25 persen untuk kedelai.

KEYWORD :

Amerika Serikat China Perang Dagang Petani Kedelai




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :