Rabu, 24/04/2024 15:31 WIB

Israel Normalisasi Hubungan dengan Negara Arab, Bagaimana Nasib Palestina?

Israel sedang melakukan normalisasi Israel dengan dunia Arab, meskipun perundingan damai dengan Palestina menemui titik buntu.

Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu angkat puing pesawat milik Iran (Foto: AFP )

Ramallah  – Perdana Menteri Benjamin Netanyahu mengku, Israel sedang melakukan normalisasi Israel dengan dunia Arab, meskipun perundingan damai dengan Palestina menemui titik buntu.

"Apa yang terjadi saat ini adalah, kita sedang dalam proses normalisasi dengan dunia Arab tanpa kemajuan dalam proses diplomatik dengan Palestina," ujar Netanyahu Minggu malam (16/12).

"Hari ini kami akan memulai normalisasi tanpa melibatkan orang-orang Palestina dan itu akan jauh lebih kuat karena tidak tergantung pada mereka,"sambungnya.

Dilansir dari Anadolu, Netanyahu meyakini, terobosan dengan Palestina akan meningkatkan hubungan dengan orang-orang Arab. Ia mengungkapakan, dari waktu ke waktu, hubungan Israel dengan negara-negara Arab tetangga semakin membaik.

Akhir Oktober, Netahanyu melakukan kunjungan mendadak ke Oman untuk menemui penguasa negara Teluk, Sultan Qaboos. Namun, hingga saat ini, Mesir dan Yordania, adalah satu-satunya negara anggota Liga Arab yang mempertahankan hubungan formal dengan Israel.

KEYWORD :

Benjamin Netanyahu Negara Arab Timur Tengah




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :