Kamis, 18/04/2024 09:54 WIB

Hindari Stres dengan Tiga Cara Relaksasi, Coba Yuk!

Banyak cara agar tidak terbebani dengan rutinitas yang kadang berujung pada stres, salah satunya ialah mencoba relaksasi.

Ilustrasi relaksasi

Jakarta - Banyak hal monoton atau kesibukan sehari-hari seperti pekerjaan, keluarga atau masalah pribadi lainnya pun bisa membuat Anda stres.

Tahukah Anda jika tidak ditangani dengan baik, stres dapat berakibat pada kesehatan. Stres berat dapat menyebabkan efek negatif baik secara fisik seperti gigi omong, kebotakan hingga masalah fisik dan masalah kejiwaan serius.

Salah satu cara menghilangkan stres adalah melalui metode untuk menenangkan diri. Inilah tiga metode relaksasi yang ampuh hilangkan stres, coba yuk:

1. Latihan pernapasan

Banyak penelitian menunjukkan manfaat dari latihan untuk menghilangkan stres. Mengendalikan gangguan emosi dapat memperlambat detak jantung dan mestabilkan darah. Bahaya dalam-dalam bisa menenangkan pikiran dan otak Anda melepaskan diri dari pikiran dan isi pemicu stres.

Caranya mudah, temukan tempat sepi dan nyaman untuk duduk atau berbaring. Coba tidur normal seperti biasa dan biarkan tangan di atas perut. Kemudian mengambil napas melalui hidung, Anda dan perut di bawah Anda mengembang hingga mencapai kapasitas maksimal, sampai Anda menemukan tangan Anda ikut naik.

Tahan napas Anda beberapa menit dan kemudian buang napas melalui mulut (atau bisa lewat jika Anda ingin ini lebih nyaman). Anda akan juga akan melihat Anda. Ulangi selama beberapa menit.

2. Meditasi

Cara relaksasi yang sudah dipercaya selama berabad-abad untuk membuat seseorang menjadi rileks dan segar adalah dengan meditasi. Meditasi bisa dilakukan dengan memusatkan pikiran pada latihan pernapasan seperti di atas.

Selama meditasi Anda juga harus menghitung interval, kapan Anda harus menghirup, menahan dan mengembuskan napas. Anda juga bisa mengatur sendiri berapa lama waktu bermediasi, misalnya selama beberapa menit sampai tubuh dan pikiran rileks dengan sendirinya.

Kunci dari pembelanjaan adalah `tidak berpikir apa-apa`, hanya fokus pada meditasi saja. Anda bisa duduk bersila, letakkan tangan kiri di atas tangan kanan, dengan telapak tangan menghadap ke langit. Buat bentuk oval dengan kedua ibu jari tangan saling mengikat.

Selanjutnya, langkah langkah teknik pernapasan seperti di atas sambil mengosongkan pikiran. Fokuskan pikiran untuk membayangkan hal-hal positif yang membuat tenang dan bahagia. Ketika Anda mulai membayangkan sesuatu yang membuat stres, coba kembali untuk bernapas atau hal-hal positif sampai ke rileks.

3. Tertawa

Ternyata tertawa juga bisa menghilangkan stres secara alami. Manfaat tertawa untuk umpan balik pada tubuh dan membuat pikiran Anda lebih baik. Tertawa juga mengurangi hormon hormon kortisol dan adrenalin, dua hormon pemicu stres dan menggantinya dengan hormon endorfin yang membuat Anda bahagia.

Tertawa dapat melatih diafragma, kontraksi perut hingga bahu. Setelah dilakukan Anda akan merasa bagian-bagian tubuh yang tegang kembali menjadi lebih rileks. Anda bisa meluangkan waktu untuk menonton film lucu, membaca certa humor atau sesekali berkumpul dengan teman-teman yang selalu membuat Anda tersenyum bahkan tertawa. 

KEYWORD :

Tips Relaksasi Cegah Stres Latihan Pernapasan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :