Jum'at, 19/04/2024 21:39 WIB

"Sekoper Cinta" Upaya Mencegah Stunting

Jawa Barat sedang dihadapkan pada tiga masalah utama, satu di antaranya adalah tingginya angka gizi buruk dan Stunting.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Foto: KPPPA(

Bandung - Ketahanan ekonomi keluarga akan sangat mempengaruhi kualitas keluarga demi mencetak anak bangsa yang sehat, cerdas, ceria, berakhlak mulia, dan cinta tanah air. Diperlukan sinergitas dan perjuangan bersama antara kaum perempuan dan laki-laki,

Pemerintahan, masyarakat, dunia usaha, media, dan perguruan tinggi yang terencana secara menyeluruh dan berkelanjutan dalam kebijakan, program dan kegiatan untuk menjamin pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak yang diwujudkan dalam bentuk Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA).

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengatakan bahwa selama masa kepemimpinannya 5 tahun ke depan, 27 Kabupaten/Kota di Prov. Jawa barat berkomitmen harus masuk zona hijau KLA.

"Namun selama ini, Jawa Barat sedang dihadapkan pada tiga masalah utama, satu di antaranya adalah tingginya angka gizi buruk yang prevalensinya dialami oleh 30 persen anak-anak di Jawa Barat dan stunting," papar Kang Emil.

Berdasar fakta di atas maka diluncurkanlah program “Sekoper Cinta” atau Sekolah Perempuan Capai Impian dan Cita-cita sebagai wadah bagi perempuan Jawa Barat untuk meningkatkan kualitas hidupnya, sehingga mampu memberdayakan dirinya, keluarga, dan lingkungan sekitar, dalam waktu dekat Prov. Jawa Barat juga akan meluncurkan program “Satu Desa Satu Perusahaan”.

"Hal ini sangat memungkinkan kaum perempuan dapat bekerja di perusahaan yang didirikan oleh Pemerintah Daerah dan tidak perlu bekerja ke luar kota, sehingga kaum perempuan untuk bisa tetap mengurus dan merawat keluarganya. Semua hal tersebut dilakukan demi mewujudkan visi Prov. Jawa barat ke depan, yakni “Jabar Juara Lahir Batin," sambungnya.

Visi ini tidak hanya berfokus pada infrastruktur dan ekonomi, tetapi juga berfokus pada ketahanan keluarga, karena keluarga merupakan pilar penting dalam membangun masyarakat yang sejahtera.

KEYWORD :

Gizi Buruk Cegah Stunting Jawa Barat




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :