Kamis, 18/07/2019 05:52 WIB

Salome Resmi Jadi Presiden Wanita Pertama Georgia

Salome Zurabishvili, mantan menteri luar negeri Prancis kelahiran Prancis, dilantik sebagai presiden wanita pertama Georgia pada Minggu (16/12) waktu setempat.

Salome Zurabishvili (foto: Rasa)

Jakarta - Salome Zurabishvili, mantan menteri luar negeri Prancis kelahiran Prancis, dilantik sebagai presiden wanita pertama Georgia pada Minggu (16/12) waktu setempat.

Upacara pelantikan, disiarkan oleh beberapa saluran TV, diadakan di Batonis-Tsikhe, kediaman Raja Heraclius II (1720-1798).

"Saya, presiden Georgia, menyatakan di hadapan Tuhan dan rakyat, bahwa saya akan menghormati konstitusi, kemerdekaan negara itu, persatuan dan integritasnya, dan setia memenuhi tugas-tugas presiden dan berhati-hati tentang keamanan warga dan mereka kesejahteraan, dan kebangkitan dan kemuliaan umat-Ku dan ibu pertiwi, "kata Zurabishvili dilansir Tass.

Sekitar 1.800 tamu lokal dan asing, termasuk delegasi dari 55 negara dan perwakilan dari oposisi dan pendeta, menghadiri upacara tersebut. Mantan Presiden Prancis Nicolas Sarkozy mewakili Prancis.

Pada tanggal 28 November, calon independen Zurabishvili, 66, yang didukung oleh partai berkuasa Georgian Dream, memenangkan pemilihan presiden putaran kedua, menerima 59,52% suara. Saingannya Grigol Vashadze, dinominasikan oleh United National Movement, naik 40,48%.

TAGS : Presiden Georgia Pertama Salome Zurabishvili




TERPOPULER :