Selasa, 16/04/2024 14:36 WIB

Rompi Kuning Menjalar hingga Kanada

Para demonstran mengadakan unjuk rasa di delapan kota di negara itu; Edmonton, Toronto, Winnipeg, Okanagan, Moncton, Calgary, Saskatoon, dan Halifax

Protes kenaikan harga BBM di Prancis berlangsung ricuh (Foto: BBC)

Toronto - Rompi kuning menjalar hingga beberapa kota yang ada di Kanada pada Sabtu (15/12) waktu setempat. Aksi unjuk rasa itu terinspirasi oleh demonstrasi yang terjadi di Prancis selam lebih dari satu bulan.

Dilansir dari Anadolu, para demonstran mengadakan unjuk rasa di delapan kota di negara itu; Edmonton, Toronto, Winnipeg, Okanagan, Moncton, Calgary, Saskatoon, dan Halifax untuk memprotes kebijakan pemerintah dan pakta migrasi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Berkumpul di luar Balai Kota Halifax, puluhan orang mengecam kebijakan Perdana Menteri Justin Trudeau dan pemerintah yang baru-baru ini menandatangani Kesepakatan Global untuk Migrasi PBB, yang mempromosikan migrasi yang aman dan legal.

Sekitar 60 pengunjuk rasa juga berkumpul di Nathan Philips Square, Balai Kota Toronto untuk mengecam kurangnya kebebasan berbicara di negara itu serta pakta migrasi PBB.

Demonstrasi di Edmonton dan Winnipeg juga memprotes pakta migrasi PBB, sementara kebebasan berbicara juga diprotes di Okanagan. Aksi unjuk rasa di seluruh negeri berakhir dengan damai, tanpa tanda-tanda intervensi polisi.

Sejak 17 November, ribuan demonstran mengenakan rompi kuning terang berkumpul di kota-kota besar Prancis, termasuk Paris, untuk memprotes kenaikan pajak bahan bakar kontroversial Macron dan situasi ekonomi yang memburuk.

KEYWORD :

Rompi Kuning Harga BBM Inggris Emmanuel Macron




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :