Selasa, 26/03/2019 04:53 WIB

Perempuan Hamil Usia 35 Tahun Dapat Perlakuan Istimewa di Iran

Jika ibu mengandung diabetes atau tekanan darah tinggi, maka akan ditangani secara khusus.

Potret bayi dalam kandungan ibu (Foto: Tehran Time)

Tehran - Kepala Kependudukan, Keluarga dan Departemen Sekolah, Kementerian Kesehatan, Hamed Barekati, mengatakan sekitar 19 persen perempuan yang hamil di Iran berusia di atas 35 tahun.

Saat ini, wanita hamil yang berusia di atas 35 tahun menerima perawatan khusus. "Jika ibu mengandung diabetes atau tekanan darah tinggi, maka akan ditangani secara khusus," kata Barekati dalam sebuah wawancara dengan IRNA pada Sabtu (15/12).

"Kami melakukan pemeriksaan setidaknya ada kesenjangan tiga tahun antara kehamilan berturut-turut tetapi selisihnya tidak boleh lebih dari lima tahun karena kesiapan fisik ibu untuk kehamilan akan berkurang," kata Barekati.

"Pada tahap awal rencana reformasi perawatan kesehatan, angka seksio sesarea sekitar lima persen tetapi dengan perbaikan yang kami lakukan sekarang menurun menjadi 50 persen," kata Barekati.

Lebih lanjut Barakati menjelaskan, kelahiran alami bebas biaya dan merancang ruang persalinan, persalinan, dan pemulihan khusus (LDR) adalah beberapa langkah yang diambil untuk mempromosikan persalinan alami.

Paket promosi persalinan alami adalah bagian dari rencana reformasi perawatan kesehatan dan dimulai pada tahun kalender Iran 1384 (Maret 2005-Maret 2006).

"Kursus pelatihan mempersiapkan ibu untuk persalinan pervaginam adalah bagian dari paket promosi ini, yang bertujuan untuk memberi tahu ibu perbedaan antara persalinan normal dan operasi caesar," jelasnya.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), sejak 1985, komunitas perawatan kesehatan internasional telah mempertimbangkan tingkat ideal untuk operasi caesar antara 10-15 persen. Sejak itu, operasi caesar  menjadi semakin umum di negara maju dan berkembang.

Operasi caesar dapat secara efektif mencegah kematian ibu dan bayi baru lahir. Dua penelitian HRP baru menunjukkan, tingkat operasi caesar meningkat hingga 10 persen di seluruh populasi, jumlah kematian ibu dan bayi baru lahir menurun.

"Ketika angka di atas 10 persen, tidak ada bukti bahwa tingkat kematian meningkat," jelasnya.

TAGS : Iran Perempuan Hamil Kelahiran Normal Operasi caesar




TERPOPULER :