Selasa, 23/04/2024 17:45 WIB

Mohamed Salah Pemain Terbaik Afrika

Mohamed Salah terpilih sebagai Pemain Terbaik Afrika BBC of the Year untuk kedua kalinya berturut-turut.

Mohamed Salah (Foto: Goal)

Kairo - Timnas Mesir yang kini menjadi andalan Liverpool, Mohamed Salah terpilih sebagai Pemain Terbaik Afrika BBC of the Year untuk kedua kalinya berturut-turut.

Pemain berusia 26 tahun itu mengalahkan Medhi Benatia, Kalidou Koulibaly, Sadio Mane, dan Thomas Partey. Pemain Premier League tahun ini mencetak 44 gol dalam 52 pertandingan untuk Liverpool musim lalu.

"Sangat menyenangkan bisa menang lagi. Saya senang dan saya ingin memenangkannya juga tahun depan!" kata Salah, dilansir dari Memo, Minggu (16/12).

Salah salah satu sosok yang  memberi inspirasi klubnya ke final Liga Champions. Ia mencetak dua gol untuk Mesir di Piala Dunia tahun ini, setelah mencetak dua gol dalam pertandingan yang membawa negaranya ke turnamen untuk pertama kalinya sejak 1990.

"Ada banyak momen baik di 2018," kata Salah.

"Pertandingan melawan Roma di Anfield (leg pertama semifinal Liga Champions) sungguh luar biasa. Saya sedang mencetak gol dan membantu tim untuk mendapatkan poin untuk menjadi yang terbaik di liga. Itu selalu merupakan perasaan yang luar biasa," tambahnya.

Salah mengatakan tujuannya 2019 adalah  memenangkan sesuatu dengan klub sehingga semua orang bersemangat. "Saya mencoba memaksakan diri setiap hari untuk membantu tim memenangkan sesuatu," tambahnya.

BBC menerima lebih dari 650.000 suara tahun ini, sebuah rekor untuk penghargaan tersebut. Salah menjadi pemain pertama sejak Nigeria Jay-Jay Okocha mendominasi penghargaan itu dalam beberapa tahun berturut-turut.

Mantan pemain Chelsea itu menandatangani kontrak dengan The Reds dari Roma pada musim panas 2017. Ia mencetak 15 gol dan membuat 11 lainnya untuk tim Italia di 2016-17 yang berhasil menempati posisi kedua di Serie A, liga terbaik selama tujuh tahun.

Dalam awal yang fenomenal untuk karir Liverpool, Salah mencetak 19 gol dalam 24 penampilan pertamanya. Ia melanjutkan untuk mengalahkan rekor sebelumnya dari 31 gol dalam 38 pertandingan musim Liga Premier bersama oleh Luis Suarez untuk The Reds di 2013-14, Cristiano Ronaldo untuk Manchester United pada 2007-08 dan Alan Shearer untuk Newcastle pada 1995-96.

KEYWORD :

Timnas Mesir Liverpool Mohamed Salah




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :