Jum'at, 26/04/2024 06:53 WIB

Stoner Yakin Lorenzo Lebih Mudah Beradaptasi dengan Honda

Menurut Stoner, sejak meninggalkan Movistar Yamaha, Lorenzo dinilai kurang mampu beradaptasi dengan tunggangannya sehingga gagal tampil sempurna di MotoGP.

Jorge Lorenzo (Foto: Crash)

Jakarta - Mantan pebalap Ducati, Casey Stoner percaya bahwa Jorge Lorenzo akan lebih mudah beradaptasi dengan Repsol Honda ketimbang di tim Ducati.

Menurut Stoner, sejak meninggalkan Movistar Yamaha, Lorenzo dinilai kurang mampu beradaptasi dengan tunggangannya sehingga gagal tampil sempurna di MotoGP.

"Akan lebih mudah bagi Jorge Lorenzo untuk beradaptasi dengan Repsol Honda dibandingkan dengan bagaimana dia beradaptasi dengan Ducati setelah meninggalkan pabrik Yamaha skuad," ujar Stoner dilansir Crash.

Lorenzo resmi bergabung dengan skuad Honda musim 2019 di MotoGP dan akan bergabung dengan rekan setim barunya, Marc Marquez yang berstatus juara bertahan MotoGP. 

Jorge Lorenzo memulai kariernya di dunia MotoGP di kelas 125cc pada tahun 2002 pada seri Spanyol. Saat itu ia tidak bisa mengikuti sesi latihan karena usianya tidak mencukupi, karena regulasi MotoGP mengharuskan seorang pembalap minimal berusia 15 tahun untuk bisa turun di MotoGP.

Namun ia bisa mengikuti sesi kualifikasi kedua karena hari itu tepat hari ulang tahunnya yang ke-15. Ia memenangi Grand Prix pertamanya di musim berikutnya pada seri Rio de Janeiro di Brasil.

Dua musim berikutnya yaitu tahun 2005 ia turun di kelas 250cc, sejak saat itu ia mulai diperhitungkan keberadaannya di dunia MotoGP, dengan meraih 6 kali podium di musim 2005. Pada 2006 ia berhasil meraih kemenangan balapan kelas 250cc nya di Qatar.

Di musim 2006 juga ia berhasil meraih 8 kali kemenangan dan 10 pole position yang kemudian mengantarnya menjadi juara dunia 250cc untuk pertama kalinya. Selanjutnya di musim 2007 ia berhasil mempertahankan mahkota juara dunia 250cc setelah meraih 9 kali kemenangan dan 9 kali pole position.

Kemenangan Jorge di Misano pada musim 2007 membuatnya tercatat sebagai pembalap Spanyol paling sukses di arena kelas 250cc dengan total 16 kemenangan, atau satu kemenangan lebih banyak dari Daniel Pedrosa dan Sito Pons.

KEYWORD :

Jorge Lorenzo Casey Stoner Tim Honda




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :