Kamis, 25/04/2024 10:56 WIB

Divonis Tiga Tahun Bui, Cohen Akui "Perbuatan Kotor" Trump

Cohen terbukti melakukan sejumlah kejahatan, termasuk membayar suap kepada dua perempuan yang mengaku selingkuhan Trump.

Mantan pengacara Presiden Donald Trump, Michael Cohen (Foto: AFP)

Washington – Mantan pengacara Presiden Amerika Serikat Donald Trump, Michael Cohen, divonis tiga tahun penjara oleh Hakim DIstrik AS William H Pauley III. Cohen terbukti melakukan sejumlah kejahatan, termasuk membayar suap kepada dua perempuan yang mengaku selingkuhan Trump.

Selain itu, Cohen juga mengaku bahwa ia telah menggelapkan pajak, membuat pernyataan palsu kepada lembaga keuangan, sumbangan kampanye ilegal, dan keterangan palsu kepada Kongres AS.

“Adalah tugas saya menutupi berbuatan kotornya,” kata Cohen merujuk kepada Presiden Trump, sembari memohon keringanan hukuman kepada Hakim Pauley.

Dilansir dari AFP pada Kamis (13/12), Pauley mengatakan Cohen sebagai pengacara seharusnya tahu lebih baik tentang risiko perbuatannya. Dengan vonis tiga tahun tersebut, Pauley meminta Cohen melapor ke penjara Otisville, New York pada 6 Maret mendatang, ditambah denda US$2 juta.

“Masing-masing kejahatan memberikan hukuman yang cukup besar. Dan Cohen dimotivasi oleh keserakahan juga ambisi pribadi,” terang Pauley.

Sebelumnya penjatuhan vonis, Cohen diketahui sempat berbicara di depan pengadilan. Dia mengatakan, “Hari ini adalah hari di mana saya mendapatkan kebebasan saya kembali. Saya hidup dalam penjara pribadi dan mental, sejak hari ketika saya menerima tawaran untuk bekerja bagi seorang maestro real estat yang ketajaman bisnisnya amat saya kagumi.”

KEYWORD :

Donald Trump Michael Cohen Amerika Serikat




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :