Senin, 25/03/2019 16:30 WIB

Makin Gaduh Hubungan China-Kanada

Mantan diplomat Kanada, Michael Kovrig, yang saat ini bekerja dengan International Crisis Group, dilaporkan ditahan di China pada Selasa (11/12).

Logo Huawei (Foto: China Daily)

Beijing - Pemerintah menahan mantan diplomat Kanada. Hal itu tersebut akan memperparah hubungan kedua negara tersebut setelah penahanan eksekutif Huawei Technologies Co. Meng Wanzhou di Vancouver.

Mantan diplomat Kanada, Michael Kovrig, yang saat ini bekerja dengan International Crisis Group, dilaporkan ditahan di China pada Selasa (11/12). "Apa yang kami ketahui adalah Kanada jelas dalam kesulitan di China," kata Menteri Keamanan Publik Kanada, Ralph Goodale kepada wartawan di Ottawa, dilansir dari Bloomberg.

"Kami jelas menyadari situasi dan kami sangat prihatin," sambungnya.

Ia menambahkan, kasus penangkapan Kovrig masih dalam tahap penyelidikan. Apakah penangkapannya itu terkait dengan penahanan Chief Financial Officer Huawei awal bulan ini atau tidak.

"Tidak ada indikasi eksplisit tentang hal itu sejauh ini, dimana pada saat bersamaan sidang dengar pendapat untuk ketiga kalinya eksekutif China sedang belangsung di Vancouver," jelasnya.

Hubungan Beijing-Ottawa merenggang, setelah Kanada menahan Meng atas permintaan otoritas AS. Para pejabat China menyatakan kemarahan dan memperingatkan konsekuensinya.

Menteri Luar Negeri Kanada, Chrystia Freeland belum mengomentari kasus Kovrig. Namun Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau mengkonfirmasikan kepada wartawan di luar lembaga legislatif pada Selasa bahwa pemerintahnya sudah mengajukannya langsung kepada para pejabat China.

"Kami menangani kasus itu, yang kami anggap sangat serius. Kami tentu saja memberikan bantuan kepada keluarga konsuler," kata perdana menteri.

Kovrig bermarkas di Hong Kong dan sebelumnya bekerja sebagai diplomat di Beijing dan di PBB di New York sebelum bergabung dengan lembaga think tank dan konsultasi di Brussels tahun lalu.

"Kami melakukan segala kemungkinan untuk mengamankan informasi tambahan tentang keberadaan Michael serta pelepasannya yang cepat dan aman," kata International Crisis Group dalam pernyataan tertulis.

Pemerintah Trudeau sajauh ini tak ikut campur soal penahanan Meng. Ia mengatakan sistem peradilan Kanada bersifat independen dan tidak ada keterlibatan politik dalam kasus ini.

Pada Senin (10/12) Freeland mengatakan, kasus Huawei sedang ditangani di bawah hukum domestik dan internasional dan itu tidak sesuai bagi politisi Kanada untuk ikut campur.

Laman LinkedIn Kovrig mengatakan pada 2016, saat bekerja di departemen urusan global Kanada, ia membantu mengatur perjalanan Trudeau ke Hong Kong.

Di situs web International Crisis Group  mengatakan, Kovrig adalah penasihat senior yang mengkhususkan diri di China, Jepang, dan semenanjung Korea, dan memberikan nasihat tentang urusan luar negeri dan masalah keamanan

TAGS : Huawei China Amerika Serikat Perang Dagang Kanada




TERPOPULER :