Kamis, 18/04/2024 09:36 WIB

Xpander Resmi Jadi Tunggangan Awak Garuda Indonesia

President Director PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Naoya Nakamura mengatakan, ini merupakan strategi Xpander untuk merambah pasar fleet di tanah air.

Mitsubishi Xpander jadi kendaraan operasional awak kabin Garuda Indonesia (Foto: Istimewa)

Jakarta – PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) resmi menyerahkan 401 unit Mitsubishi Xpander kepada maskapai nasional Garuda Indonesia. Kini, kendaraan jenis small MPV itu akan menjadi kendaraan operasional para awak kabin Garuda Indonesia.

President Director PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Naoya Nakamura mengatakan, ini merupakan strategi Xpander untuk merambah pasar fleet di tanah air.

Sebelumnya, Xpander juga sukses di pasar retail dengan permintaan lebih dari 115.000 unit dan pangsa pasar total 30 persen, sejak diluncurkan pada 2017.

“Kami juga ingin mencoba menjajaki bisnis fleet lain untuk Xpander ke depannya. Tentunya 400 unit kepada Garuda Indonesia akan sangat mempengaruhi pasar fleet di Indonesia saat ini, di mana akan ada banyak yang mendengar betapa besarnya fleet Xpander,” kata Nakamura kepada awak media di Terminal 3 Kedatangan Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, pada Selasa (11/12).

Nakamura menambahkan, dari total 401 unit Xpander yang digunakan Garuda Indonesia dalam kerja sama leasing atau sewa pakai ini, sebanyak 119 unit sudah diserahkan pada Oktober lalu sebagai tahap awal. Dan seluruhnya saat ini sudah beroperasi. Adapun sisa 282 unit Xpander lainnya telah diserahkan pada Desember ini.

“Harapan kami semoga memberikan kenyaman bagi cabin crew Garuda, serta yang akan menggunakannya,” imbuhnya.

Sementara Direktur Utama Garuda Indonesia I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra mengutarakan alasannya memilih Xpander karena beberapa hal, di antaranya alasan keamanan (safety).

Menurutnya, Garuda Indonesia sebagai maskapai yang mengutamakan standar keamanan tinggi di udara (air), juga menetapkan hal yang sama di daratan (ground).

“Tidak menutup kemungkinan, bila distribusi Mitsubishi ada di seluruh provinsi, dan bisa dengan satu harga, maka bisa dijajaki. Targetnya tahun depan mencapai 1.100 unit,” terang Ari Askhara.

Lebih lanjut, kendaraan operasional ini nantinya tidak hanya akan melayani antar jemput para awak kabin Garuda Indonesia di lingkungan bandara, namun juga dari tempat tinggalnya, dengan jarak tempuh 90 kilometer.

Adapun varian Xpander yang akan digunakan oleh Garuda Indonesia menurut Direktur Divisi Penjualan dan Pemasaran PT MMKSI Irwan Kuncoro, yakni GLS MT, dengan Sterling Silver Metalic, yang telah dipasangi stiker (decal branding) sesuai dengan karakter perusahaan Garuda Indonesia.

KEYWORD :

Mitsubishi Xpander Garuda Indonesia




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :