Rabu, 17/04/2024 01:26 WIB

Shopee: Iklan Blackpink Sudah Lolos Sensor

Menanggapi iklan

Iklan Shopee Blackpink (Foto: YouTube)

Jakarta - Usai ditayangkan di berbagai televisi iklan perayaan Ulang Tahun E-commerce Shopee yang menjadikan Girl Band asal Korea Black Pink, muncul petisi yangmendesak KPI melarang penayangan iklan tersebut karena dinilai seronok dan tak sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

Adalah Maimon Herawati, sang pembuat petisi, mengeluhkan iklan Shopee yang diputar pada program anak-anak. Menurutnya, gerakan girlband asal Korea itu provokatif.

“Apa pesan yang hendak dijajalkan pada jiwa-jiwa yang masih putih itu? Bahwa mengangkat baju tinggi-tinggi dengan lirikan menggoda akan membawa mereka mendunia? Bahwa objektifikasi tubuh perempuan sah saja?” tulis Maimon.

Petisi tersebut tak lama kemudian direspons oleh Komisi Penyiaran Indonesia (KPI). Hati ini (11/12), KPI mengirimkan peringatan keras terhadap 11 stasiun televisi yang menayangkan iklan tersebut, juga acara `Shopee Road to 12.12 Birthday Sale`. Ke-11 stasiun TV tersebut ialah RCTI, Trans TV, RTV, MNC TV, Indonesiar, TV One, ANTV, Trans7, GTV, Net TV, dan SCTV.

Pencekalan dilakukan karena iklan dan program itu tidak memperhatikan norma kesopanan, sebagaimana diatur dalam Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3SPS) KPI Tahun 2012, Pasal 9 Ayat 1.

“Kami meminta kepada produsen, agar dalam membuat iklan dan melakukan promosi untuk senantiasa memperhatikan brand safety, sehingga tidak menimbulkan persepsi negatif terhadap produk atau jasa yang ditawarkan,” kata Koordinator Isi Siaran KPI Pusat Hardly Stefano.

Menanggapi pencekalan oleh KPI, Country Brand Manager Shopee Rezki Yanuar mengatakan bahwa iklan tersebut telah mendapatkan izin dari Lembaga Sensor Film Indonesia.

"Kami juga ingin menekankan bahwa kami mengikuti semua regulasi yang ada dari setiap pemangku kepentingan yang ada di Indonesia," ujarnya Rezki saat dikonfirmasi Jurnas.com melalui pesan singkat, Selasa (11/12).

Ia juga menegaskan bahwa Shopee selalu mengedepankan masukan dari pengguna setia untuk kemajuan perusahaan dan kenyamanan masyarakat secara umum utamanya untuk berbelanja secara online.

Pada kesempatan ini Rezki juga menyampaikan bahwa pihaknya sudah mengetahui adanya surat peringatan dari KPI terhadap stasiun-stasiun televisi yang menayangkan iklan tersebut.

"Sesuai dengan lini waktu yang sudah kami agendakan sebelumnya, penayangan iklan tersebut memang akan berganti dengan promo Shopee 12.12 Shopee Birthday Sale pada hari ini," lanjutnya.

Untuk merespons masukan tersebut ia sudah berkoordinasi dengan semua pihak yang mengatur waktu penayangan iklan tersebut agar menjadi lebih tepat kepada pengguna dan calon pengguna kami.

"Tentu saja kami mendengarkan adanya keluhan dari sebagian masyarakat terkait iklan kami yang sering diputar menjelang Shopee 12.12 Birthday Sale. Ini merupakan masukan yang amat berguna agar kami lebih baik ke depannya," terangnya.

KEYWORD :

Pencekalan Iklan Shopee Blackpink




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :