Jum'at, 26/04/2024 01:48 WIB

Sidang Bos Huawei, Pengadilan Tolak Jaminan Uang Rp160 Miliar

Suami Meng, Liu Xiaozong tidak dapat bertindak sebagai penjaminnya atau uang tunai dan properti senilai USD15 juta jika ia melanggar ketentuan.

Kepala keuangan Huawei, Meng Wanzhou (Foto: VCG)

Toronto - Seorang hakim Kanada menyatakan tidak puas dengan proposal jaminan dari para pengacra untuk membebaskan Kepala Staf Keuangan Huawei Technologies Co. Meng Wanzhou, yang menghadapi permintaan ekstradisi Amerika Serikat (AS).

Hakim William Ehrcke dari Mahkamah Agung British Columbia menyuarakan keraguan, suami Meng, Liu Xiaozong, dapat bertindak sebagai penjaminnya atau uang tunai dan properti senilai 15 juta dolar kanada jika ia melanggar ketentuan.

Hakim menunda kasus ini hingga Selasa, menegaskan tidak akan memberikan keputusan hingga kedua pihak menjawab kebutuhan dan/atau keinginan kuat dari penjamin menjadi penduduk provinsi.

"Yang dipermasalahkan adalah fakta bahwa Liu tidak memiliki status imigrasi hukum untuk tinggal di Kanada," katanya.

Liu tiba di Vancouver minggu lalu dengan visa pengunjung multiple-entry yang berakhir pada  Februari, yang berarti tidak ada jaminan akan hadir secara fisik untuk sebuah proses ekstradisi yang dapat berlangsung bertahun-tahun," katanya.

"Seseorang di sini dengan visa pengunjung bukan penduduk B.C. Itu sesederhana itu, bukan?" Hakim meminta pengacara Meng, David Martin.

Di sisi lain, hakim juga mengatakan tidak mungkin untuk benar-benar menghilangkan risiko penerbangan - seperti yang dituntut oleh jaksa - dan bahwa melakukan hal itu seharusnya tidak menjadi kondisi jaminannya.

Pembela memiliki dua saksi dari perusahaan keamanan swasta bersaksi bagaimana Meng dapat dilacak dari menit ke menit oleh gelang kaki yang dilengkapi GPS dan rumahnya berada di bawah pengawasan 24 jam. Jaksa agung John Gibb-Carsley berpendapat, tidak ada perusahaan yang dapat sepenuhnya menghilangkan risiko melarikan diri.

Hakim mengatakan jaminan seperti itu tidak mungkin dan tidak ada gunanya mengatur skema hukum seperti itu untuk jaminan jika itu adalah persyaratan. "Ini adalah kondisi yang tidak pernah bisa dipenuhi, tidak pernah," kata Ehrcke.

"Kami akan terus mengikuti sidang jaminan besok," kata Huawei dalam sebuah pernyataan email, dilansir Bloomberg. "Kami memiliki keyakinan bahwa sistem hukum Kanada dan AS akan mencapai kesimpulan yang adil," tambahnya.

KEYWORD :

Huawei China Amerika Serikat Perang Dagang




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :