Kamis, 25/04/2024 20:51 WIB

Sejumlah Negara Boikot Huawei, Bagaimana dengan Inggris?

Huawei menyetujui persyaratan teknis untuk peralatan infrastruktur jaringannya di Inggris, dan menjanjikan peningkatan USD2 miliar untuk keamanan sistemnya.

Logo Huawei (Foto: China Daily)

Beijing - Raksasa telekomunikasi China, Huawei menyuntikkan USD2 miliar untuk meningkatkan sistem jaringan seluler dan internetnya di Inggris. Keputusan itu setelah pertemuan para pejabat keamanan.

Para eksekutif dari Huawei bertemu dengan agen dari Kantor Pusat Komunikasi Pemerintah Inggris, yang juga dikenal sebagai GCHQ, pada akhir pekan lalu, baik Reuters dan Financial Times melaporkan.

Pertemuan ini menyusul laporan yang dirilis pada Juli dewan pengawas yang meninjau operasi Huawei di Inggris. Dewan itu pemertanyakan apakah kehadiran Huawei Inggris menimbulkan risiko terhadap keamanan nasional atau tidak.

Menurut Reuters, dalam pertemuan itu, Huawei menyetujui persyaratan teknis untuk peralatan infrastruktur jaringannya di Inggris, dan menjanjikan peningkatan USD2 miliar untuk keamanan sistemnya.

"Huawei menjanjikan untuk membangun dan mengelola produknya lebih baik," kata seorang sumber yang dekat dengan masalah tersebut tanpa ingin disebutkan namanya kepada Reuters.

Huawei adalah pemasok prangkat terbesar untuk jaringan untuk perusahaan telepon seluler dan internet. Perusahaan ini menyediakan peralatan untuk jaringan utama di Inggris termasuk BT, Vodafone, EE, dan Three.

Huawei sudah dilarang beroperasi di Amerika Serikat sejak 2012 ketika penyelidikan kongres mengangkat masalah keamanan nasional. Kanada sedang dalam proses meninjau hubungannya dengan Huawei.

Australia memblokir Huawei dan perusahaan China ZTE dari menyedia jaringan 5G pada Agustus dan Selandia Baru melarang Huawei pada November. Pada Senin, Jepang menjadi negara terbaru yang menyusul rekannya, Gedung Putih.

Minggu lalu, penyedia jaringan Inggris BT - yang juga memiliki EE - menegaskan bahwa mereka tidak akan mempertimbangkan tawaran dari Huawei untuk kontrak jaringan 5G.

BT juga sudah menghapus Huawei dari bagian inti dari jaringan 4G yang diperolehnya ketika mengambil alih EE pada 2016. BT mengatakan penghapusan perangkat keras sejalan dengan janji 2006 untuk menjaga Huawei pada margin infrastruktur 4G-nya di UK.

Bulan ini, eksekutif Huawei Meng Wanzhou ditangkap di Kanada saat transit ke Vancouver untuk penerbangan ke Meksiko. Meng adalah kepala keuangan di Huawei dan putrinya kepada pendiri perusahaan, Ren Zhengfei.

Wakil Menteri Luar Negeri China Le Yucheng memprotes "tuntutan tidak masuk akal" AS bahwa penegak hukum Kanada menahan Meng. Le mengatakan, penangkapan itu melanggar hak dan kepentingan seorang warga negara China.

KEYWORD :

Huawei China Amerika Serikat Perang Dagang Inggris




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :