Kamis, 25/04/2024 06:05 WIB

Siasat Presiden Prancis Bungkam Rompi Kuning

Pemimpin berusia 40 tahun itu mengatakan, pemerintahnya juga akan meminta pengusaha swasta untuk membayar bonus akhir tahu.

Protes kenaikan harga BBM di Prancis berlangsung ricuh (Foto: BBC)

Paris - Presiden Prancis, Emmanuel Macron akahirnya mengeluarkan kebijakan baru untuk membungkam rompi kuning. Di antaranya, meningkatkan upah minimum dan membatalkan rencana kenaikan pajak keamanan sosial untuk pensiunan, berpenghasilan kurang dari 2.000 euro.

"Kami akan menanggapi urgensi ekonomi dan sosial dengan langkah-langkah yang kuat, memotong pajak lebih cepat, menjaga pengeluaran kami di bawah kontrol, tetapi tidak dengan berputar balik," kata Macron dalam pidatonya yang disiarkan televisi, dilansir dari Al Jazeera.

"Gaji seorang pekerja dengan penghasilan dasar akan meningkat 100 euro per bulan mulai tahun 2019. Kami ingin Prancis bisa hidup dengan bermartabat," sambungnya.

Pemimpin berusia 40 tahun itu mengatakan, pemerintahnya juga akan meminta pengusaha swasta untuk membayar bonus akhir tahun kepada para pekerja jika perusahannnya mampu.

Sementara lawan politik Macron, mengkritik kebijakannya itu. Ia menyebut tidak cukup. "Emmanuel Macron mengira bisa memberikan sejumlah uang tunai untuk menenangkan pemberontakan," kata Jean-Luc Melenchon, pemimpin dari La France Insoumise yang berhaluan kiri.

"Saya percaya bahwa Act V (Massa) akan dimainkan pada hari Sabtu," katanya mengacu pada putaran baru protes yang direncanakan akhir pekan ini.

Semenra itu, salah satu anggota rompi kuning tampkanya belum yakin dengan puas dengan kebijakan Macron itu.

"Dalam hal substansi, ini adalah setengah ukuran. Kita dapat merasakan bahwa Macron punya lebih banyak untuk diberikan," Benjamin Cauchy, yang bertemu dengan pemimpin Prancis pekan lalu, mengatakan kepada televisi Perancis 2.

Dalam upaya untuk memadamkan pemberontakan, pemerintah sepakat pekan lalu untuk membatalkan rencana kenaikan pajak bahan bakar. Namun langkah itu dilihat terlalu sedikit dan terlambat.

KEYWORD :

Rompi Kuning Harga BBM Inggris Emmanuel Macron




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :